Benteng Pendem (Van Den Bosch)

Sebuah benteng yang terletak di kabupaten Ngawi, Benteng Van den Bosch yang juga dikenal sebagai Benteng Pendem ini memiliki ukuran bangunan 165m x 80m, dengan luas tanah 15 Ha. Kabupaten Ngawi memang tidak terlalu dikenal sebagai kota wisata, tetapi Benteng Pendem ini bisa menjadi objek wisata menarik yang wajib kamu kunjungi saat berada di Ngawi. 

Sudah tahukah kamu bahwa pada abad 19 Ngawi telah menjadi salah satu pusat perdagangan dan pelayanan loh di Jawa Timur, bahkan dijadikan pusat pertahanan Belanda di wilayah Madium dan sekitarnya dalam Perang Diponegoro (1825-1830). Singkatnya Ngawi berhasil direbut oleh Belanda pada tahun 1825, nah demi mempertahankan kedudukan dan fungsi strategis Ngawi tersebut, serta menguasai jalur perdagangan maka dibangunlah Benteng Van Den Bosch oleh pemerintah Hindia Belanda. Benteng tersebut selesai dibangun pada tahun 1845, dan dihuni oleh tentara Belanda sebanyak 250 orang dengan senjata bedil, 6 meriam, dan 60 orang kavaleri yang dipimpin oleh Johannes van den Bosch.

Alasan pemilihan lokasi tersebut adalah karena Sungai Bengawan Solo dan Bengawan Madiun, yang saat itu merupakan jalur perdagangan strategis. Bagaimana tidak, jalur sungai tersebut bisa dilalui oleh perahu-perahu yang cukup besar ukurannya sampai ke bagian hulu.

Benteng yang bersejarah tersebut berlokasi di Kelurahan Pelem, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.  Tapi tau ga sih kamu kenapa benteng ini lebih banyak dikenal dengan nama Benteng Pendem…????. Jadi nih, karena memang benteng ini adalah benteng pertahanan, memang idealnya  dibangun rendah dari tanah sekitarnya. Jadi karena posisinya yang rendah tersebutlah masyarakat sekitar menyebutnya Benteng Pendem, yang artinya benteng tersembunyi, tapi hebatnya arsitek Belanda saat itu dalam mendesain saluran drainase, benteng tersebut mampu terhindar dari banjir loh. 

Fasilitas Benteng Pendem Van Den Bosch 

Buat kamu yang berencana berkunjung ke Benteng Pendem tidak perlu khawatir dengan fasilitasnya, di sana sudah ada beberapa fasilitas yang diantaranya:

  • Area Parkir
  • Warung/ Tempat Makan
  • Gazebo
  • Penginapan, dan
  • Toilet Umum

Berburu Foto

Tidak lengkap rasanya jika berwisata tapi tidak mengabadikan moment, di Benteng Pendem yang bersejarah ini kamu disarankan membawa kamera, baik kamera proffesional maupun kamera handphone. Kamu bisa berfoto di depan bangunan benteng yang bernuansa Eropa, arsitekturnya yang unik memiliki nilai estetika yang bisa kamu abadikan, Kamu juga bisa berfoto di ruang-ruangan yang dulu pernah dihuni tentara Hindia Belanda tersebut. 

By Published On: Thursday, 30 November 2023Views: 503

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!