Telaga Sarangan

Merupakan salah satu wisata favorit bagi wisatawan lokal nih, Telaga Sarangan cocok untuk masuk list tempat liburan kamu. Lokasinya ada di lereng Gunung Lawu, lebih tepatnya ada di wilayah Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

Di sini kamu akan mendapati suasana yang sejuk di sekitaran telaga, itu karena lokasinya ada di ketinggian 1.200m di atas permukaan laut yang suhunya sekitar 15-20 derajat celcius ya. Untuk luasnya sendiri sekitar 30 hektar dan kedalaman yang mencapai 28m.

Penasaran apa aja keseruan yang bisa kamu lakukan di sana??? Di sana ada banyak atraksi wisata kok seperti speedboat, becak air, dan menunggang kuda, tidak cuma itu kamu juga bisa berwisata kuliner loh di sana. Adapun sajian khasnya ada sate kelinci dan kudapan emping melinjo. Biasanya ada juga penduduk lokal yang menjajakan oleh-oleh berupa kerajinan dari anyaman bambu dan kulit loh, cocok banget buat kamu bawa pulang.

Untuk aktivitas di wisata ini bisa diakses mulai dari pukul 07.00 WIB – pukul 17.00 WIB ya, ga perlu merogoh kocek terlalu dalam juga untuk masuk, hanya dengan Rp. 20.000 saja per orang dewasa dan Rp. 10.000 per anak-anak. Sedangkan untuk tarif masuk kendaraan hanya Rp. 2.500 untuk motor, Rp. 5.000 untuk mobil, dan Rp. 10.000 untuk bus. 

Mitos dan Legenda Telaga Sarangan

Tahukah kamu, Telaga Sarangan memiliki mitos dimana masyarakat sekitar percaya bahwa hubungan pasangan kekasih akan putus jika bercinta di dekat Telaga Sarangan. Diyakini bahwa pasangan tersebut akan putus karena terkena kutukan gaib di tempat tersebut.

Selain mitos, Telaga Sarangan ini juga ada legenda yang berkaitan dengan keberadaan sebuah pulau di tengah telaga tersebut loh, Masyarakat setempat mempercayai bahwa pulau tersebut keramat karena di huni sosok leluhur, yaitu Kyai Pasir dan Nyai Pasir. Menarik bukan?? jangan lewatkan wisata ini saat datang ke Magetan ya. 

By Published On: Friday, 10 November 2023Views: 476

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!