Kebumen, sebuah kabupaten di Jawa Tengah, terkenal dengan keindahan alamnya yang memesona. Namun, tahukah kamu bahwa Kebumen juga merupakan surga kuliner yang tidak terlupakan? Perpaduan budaya Jawa dan Sunda menghasilkan ragam hidangan istimewa dengan cita rasa yang unik dan khas.

Bagi para pecinta kuliner, menjelajahi Kebumen akan menjadi petualangan yang tak terlupakan. Dari hidangan tradisional yang melegenda hingga kreasi modern yang inovatif, Kebumen menawarkan pengalaman kuliner dengan citarasa menggoda.

Ayam Es Bening

Ayam Es Bening merupakan salah satu hidangan khas Kebumen yang memiliki sejarah panjang. Konon, hidangan ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Pada masa itu, seorang pengusaha Tionghoa bernama Tan Kian Sing membuka sebuah restoran di Kebumen. Restoran tersebut menyajikan berbagai hidangan khas Tiongkok, salah satunya ayam rebus yang dimasak dengan air es batu.

Tan Kian Sing kemudian memodifikasi resep ayam rebus tersebut dengan menambahkan bumbu-bumbu khas Indonesia. Hasilnya adalah hidangan ayam yang lezat dan gurih dengan tekstur daging yang empuk. Hidangan ini kemudian dikenal dengan nama “Ayam Es Bening”.

Ayam Es Bening menggunakan ayam kampung yang dimasak dengan bumbu tradisional tanpa MSG dan pengawet. Disebut ayam es bening karena ayam dimasak dengan cara diungkep dengan air es batu. Proses ini menghasilkan ayam yang memiliki tekstur daging yang lembut dan rasa yang gurih.

Ayam Es Bening biasanya disajikan dengan nasi putih, sambal goreng ati, dan lalapan. Hidangan ini dapat ditemukan di berbagai warung makan dan restoran di Kebumen, atau bahkan dibeli dalam bentuk kemasan untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Berikut beberapa tempat makan yang terkenal dengan menu Ayam Es Bening di Kebumen:

  • Ayam Es Bening H. Bejo
  • Ayam Es Bening Mbah Tum
  • Ayam Es Bening Bu Tjitro
  • Ayam Es Bening Pak Dhuwur
  • Ayam Es Bening Bu Asih

Soto Tahu Kebumen

Soto tahu merupakan makanan khas Kebumen yang terbuat dari tahu goreng, tauge, dan kuah bening yang gurih. Kuah soto tahu terbuat dari kaldu ayam atau sapi, bawang merah, bawang putih, ketumbar, jinten, dan daun salam. Soto tahu biasanya disajikan dengan nasi putih, sambal, dan jeruk nipis.

Sejarah soto tahu Kebumen masih belum diketahui secara pasti. Namun, beberapa sumber menyebutkan bahwa soto tahu sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Konon, hidangan ini terinspirasi dari hidangan soto yang dibawa oleh para pedagang dari Jawa Timur.

Pada masa itu, masyarakat Kebumen banyak yang mengonsumsi tahu sebagai sumber protein. Tahu goreng kemudian diolah menjadi hidangan soto dengan menambahkan kuah bening yang gurih. Hidangan ini kemudian dikenal dengan nama “Soto Tahu Kebumen”.

Berikut beberapa tempat makan yang terkenal dengan menu Soto Tahu di Kebumen:

  • Soto Tahu Kebumen Bu Sami
  • Soto Tahu Pak Dhuwur
  • Soto Tahu Mbah Tum
  • Soto Tahu Bu Asih
  • Soto Tahu Pak Man

Nasi Penggel

Nasi penggel kebumen

Nasi Penggel (Sumber gambar visitjawatengah.jatengprov.go.id)

Nasi penggel adalah makanan khas Kebumen yang terbuat dari nasi putih yang dibentuk bulat-bulat, kemudian dibungkus dengan daun pisang. Nasi penggel biasanya disajikan dengan sayur lodeh, tempe mendoan, dan sambal goreng ati. Nasi penggel merupakan makanan yang lezat dan murah, sehingga cocok dinikmati oleh semua kalangan.

Beberapa sumber menyebutkan konon, hidangan ini terinspirasi dari kebiasaan masyarakat Kebumen yang membawa bekal makanan saat bekerja di sawah. Pada masa itu, masyarakat Kebumen membawa nasi putih yang dibentuk bulat-bulat agar mudah dibawa dan dimakan. Nasi putih ini kemudian dipadukan dengan ayam goreng atau opor ayam, dan sayur lodeh.

Berikut beberapa tempat makan yang terkenal dengan menu Nasi Penggel di Kebumen:

  • Nasi Penggel Pak Melan
  • Nasi Penggel Pak Melan Kebumen
  • Nasi Penggel Bu Asih
  • Nasi Penggel Pak Dhuwur
  • Nasi Penggel Mbah Tum
  • Nasi Penggel Bu Sami

Nasi penggel mudah ditemukan di Kebumen, terutama di pagi hari. Anda dapat menemukannya di warung makan, kaki lima, atau bahkan di gerobak keliling.

Sate Ambal

Sate Ambla (Sumber gambar goodnewsfromindonesia.id)

Sate Ambal adalah hidangan khas Kebumen yang terbuat dari daging ayam atau kambing yang dibakar dan disajikan dengan bumbu kacang yang kental dan pedas. Bumbu sate ambal terbuat dari kacang tanah goreng, bawang merah, bawang putih, cabai, ketumbar, jinten, dan gula merah. Sate ambal biasanya disajikan dengan nasi putih, lontong, atau ketupat. Sate ambal mudah ditemukan di Kebumen, terutama di sepanjang Jalan Daendels.

Berikut beberapa tempat makan yang terkenal dengan menu Sate Ambal di Kebumen:

  • Sate Ambal Pak Kasman
  • Sate Ambal Pak Tino
  • Sate Ambal Mbah Tum
  • Sate Ambal Bu Asih
  • Sate Ambal Pak Dhuwur

Sate ambal adalah hidangan yang lezat dan mengenyangkan, sehingga cocok dinikmati untuk makan siang atau makan malam.

By Published On: Senin, 19 Februari 2024Views: 432

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!