Soto Stasiun Pak Rus

Merupakan salah satu kuliner legendaris, Soto Pak Rus sudah 60 tahun melayani penikmat kuliner Purworejo. Soto ini lebih dikenal dengan nama soto stasiun, hal ini bukan tanpa sebab ya. Stasiun KA Purworejo adalah tempat pertama kali soto ini dijual, sehingga orang-orang lebih mengenalnya dengan Soto Stasiun.

Pak Rus sendiri berasal dari Kampung Tuksongo, Kelurahan Purworejo, Kecamatan Purworejo. Dahulu ia adalah seorang guru, namun suatu ketika karena tidak mau di tempatkan di luar Jawa, Beliau merantau ke Bandung dan mencari pekerjaan di sana. Karena tidak kunjung mendapatkan pekerjaan beliau pun kembali pulang ke Purworejo dan membantu bapaknya berjualan makanan dan minuman di sebuah warung kecil.

Suatu ketika ada tawaran agar bapaknya Pak Rus berjualan di kantin Stasiun KA Purworejo, tapi tawaran itu ditolak dan diberikan kepada Pak Rus. di sana Pak Rus mulai berjualan nasi rames dan juga gorengan.

Muncul inovasi dari isterinya untuk menjual makanan yang bisa disantap dengan cepat karena penumpang kereta api biasanya dalam kondisi terburu-buru dan takut tertinggal kereta.

Nah, pada tahun 1960an munculah menu soto yang dibuat dengan resep asli yang disajikan dalam mangkuk kecil dan sendok es di warung tersebut. Resep, mangkuk dan sendok es inilah yang menjadi ciri khas Soto Pak Rus dan masih dipertahankan sampai sekarang.

Perlu kamu tahu bahwa Soto Pak Rus sudah pindah sejak tahun 2011, karena Stasiun KA Purworejo dijadikan cagar budaya. Saat ini kamu bisa datang ke Jl. Letjend Suprapto, Tuksongo, Purworejo, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah

Selain menu sotonya, kamu juga bisa menikmati iso dan babat yang juga melegenda untuk menemani semangkuk soto yang berisi nasi, tauge, dan beberapa irisan daging sapi serta taburan bawang goreng dengan kuah khasnya. Tidak hanya itu, ada juga sate telur, tahu bacem, tempe goreng, sate ayam, perkedel, aneka krupuk dan emping loh. lengkap ya?.

Usaha ini sekarang dilanjutkan oleh anaknya, karena istri Pak Rus meninggal pada tahun 1988 dan disusul oleh Pak Rus 11 tahun kemudian. Hingga saat ini Soto Pak Rus masih menjadi jujugan mereka yang menjadi perantau dan orisinalitas resep telah dibukukan.

Kamu bisa menikmati Soto Stasiun Pak Rus ini dengan harga Rp. 15.000,-. Mereka buka mulai Pk. 07.00 sampai Pk. 20.00 WIB.

By Published On: Kamis, 22 Juni 2023Views: 1067

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!