Caos Dhahar Lorogendhing

Memanjakan lidah dengan santapan kuliner unik memanglah sangat asik, lidah kita akan merasakan cita rasa baru yang tentunya tidak membosankan. Kuliner unik kali ini adalah salah satu kuliner unik dari Demak, Caos Dhahar Lorogendhing namanya.

Caos Dhahar Loroghending ini terdiri dari nasi golong, urap daun mengkudu (pace), trancam yang berbahan dasar terong dan kacang panjang, sayur bening daun kelor, juga bubuk kedelai. Dilengkapi dengan lauk gereh petek bakar, pecel lele, juga ingkung ayam jago. Lengkap banget ya, sudah bisa dibayangkan apa yang akan lidah kamu rasakan saat makanan ini masuk ke dalam mulut? hmmm yummy…

Tahukah kamu, konon katanya kuliner satu ini adalah kesukaan dan favoritnya Kanjeng Sunan Kalijaga semasa hidupnya loh. Nama Caos Dhahar ini berasal dari bahasa Jawa krama alus yang bermakna memberi makan, dan Loroghending adalah sebutan untuk aneka kudapan yang diyakini sebagai masakan kesukaan Sunan Kalijaga.

Tapi sayangnya kuliner yang satu ini tidak mudah dijumpai, baik warung makan ataupun restoran, kuliner unik ini hanya ada saat warga Kadilangu, Demak mengadakan selamatan atau syukuran saja. Ya Caos Dhahar Loroghending ini merupakan masakan wajib warga Kadilangu, Demak yang disajikan ketika mengadakan selamatan, dan siapapun yang berhasil hajatannya biasanya menyajikan makanan ini dan tahlil ke makam Sunan Kalijaga sebagai ungkapan rasa syukurnya.

Tapi kamu tetap bisa kok menikmatinya, sajian Caos Dhahar Loroghending ini dapat kamu nikmati dengan memesan untuk event atau kegiatan seperti hajatan dan tasyakuran. kamu bisa membuat pesanan melalui akun instagram @dinaspariwisata_demak 

By Published On: Kamis, 11 Mei 2023Views: 622

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!