Setra Pengasapan Ikan Asap Indah Wonosari

Demak, Sebagai daerah pesisir pantai utara Jawa tentu termasuk daerah penghasil ikan laut terbesar di Jawa Tengah. Jadi tidak heran kalau banyak aktivitas usaha bidang pengolahan ikan ya. Nah yang akan kita bahas kali ini adalah aktivitas pengolahan ikan asap nih.

Sentra Pengasapan Ikan Asap Indah Wonosari, merupakan salah satu sentra ikan asap yang cukup terkenal di Demak. Tepatnya di Desa Wonosari, Kecamatan Bonang, Kabupaten Demak. Masyarakat di sana mengolah segala jenis ikan dari hasil laut hingga menjadi penopang ekonomi utama dan mendatangkan pundi-pundi rezeki.

Pengasapan Ikan di Wonosari ini bisa memproduksi ikan asap manyung mulai sepuluh sampai lima belas ton loh per harinya, sedangkan untuk ikan tongkol, pari, dan lainnya sekitar lima sampai sepuluh ton per hari.

Tejo Purwoto, Ketua Kelompok Koperasi Serba Usaha Asap Indah mengatakan bahwa mayoritas ikan-ikan tersebut didapatkan tidak hanya dari nelayan lokal, melainkan juga mengambil dari nelayan Indonesia bagian timur yang dikumpulkan oleh para pengepul di pulau Jawa. Ia juga mengaku bahwa untuk pemasaran pihaknya sudah ekspansi ke berbagai pasar daerah seperti Yogyakarta, Jakarta, hingga Kalimantan. Untuk wilayah Jawa Tengah sudah hampir 80% kabupaten yang mengambil bahan ikan asap di Desa Wonosari.

Soal harganya, ikan di sentra pengasapan ini bervariasi ya, mulai dari Rp. 15.000 sampai Rp. 25.000 per ikan asap. Anggota UMKM tersebut saat ini berjumlah 76 orang, dan masing-masing bisa memproduksi ikan asap 2-4 kwintal loh tiap harinya.

By Published On: Senin, 8 Mei 2023Views: 1501

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!