Serabi Kalibeluk

Merupakan salah satu makanan khas dari Kabupaten Batang. Serabi Kalibeluk ini memiliki cita rasanya sendiri dan ukuran yang beda dari serabi lainnya, ia memiliki ukuran sebesar mangkuk loh, ya kira-kira berdiameter sekitar 10cm. Memiliki 2 varian rasa, kamu bisa menikmati Serabi Kalibeluk Original ataupun Manis. Varian original memiliki cita rasa gurih dari santan, dan varian manis memiliki cita rasa yang tentunya manis dari gula merah atau aren.

Proses pembuatannya masih menggunakan alat-alat tradisional loh, yaitu tungku perapian dan kayu bakar. Hal ini bertujuan untuk menjaga rasa keaslian serabi yang senantiasa harum, dan juga cetakan yang berbentuk mangkuk dari tanah liat.

Adapun tekstur Serabi Kalibeluk, ia memiliki tekstur berongga yang tentunya unik dengan ukurannya yang sebesar mangkuk. Namun makanan khas Batang yang satu ini bisa dibilang langka loh, hal ini karena semakin lama pedagang serabi kalibeluk hanyalah segelintir orang saja. Dalam hal ini pemerintah Kabupaten Batang sering mempopulerkan makanan ini agar dikenal masyarakat luas melalui event besar.   Buat kamu yang penasaran bagaimana proses pembuatannya, kamu bisa berkunjung langsung ke Sentra pembuatan serabi di Desa Kalibeluk, Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang.

By Published On: Kamis, 16 Februari 2023Views: 584

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!