Banjarnegara – Bagi pecinta batik pasti nama Gumelem tidak lagi asing. Batik Gumelem ini tidak jauh beda dengan motif batik yang ada di Sokaraja juga Banyumas, hal ini karena menurut sejarahnya kala keluarga raja-raja Surakarta dan pengikut pangeran Diponegoro mengungsi akibat terdesak oleh kolonial Belanda, mereka bertekad untuk tidak kembali namun tetap tinggal di daerah Sokaraja dan Banyumas. Disanalah kegiatan membatik dimulai, segala peralatan yang berhubungan dengan batik mereka buat sendiri.

Seiring berjalannya waktu, peminat batik kala itu semakin luas hingga para pengrajin batik semakin banyak dan menyebar dari Banyumas sampai Banjarnegara. Nah, salah satu wilayah Banjarnegara yang menganggap bahwa membatik adalah salah satu kegiatan favorit dan menjadi penghidupan adalah wilayah Gumelem.

Batik Gumelem memiliki corak yang khas loh,, yaitu rujak senthe dan udan liris, biasanya batik gumelem ini dominan berwarna hitam, coklat, dan kuning. Tapi buat kamu yang suka warna terang juga ada kok. 

Sentra Kerajinan Batik Gumelem

Tahukah kamu? sesuai namanya yaitu batik gumelem, Desa Gumelem memiliki sentra kerajinan batik yang cocok untuk kamu kunjungi jika kamu pecinta batik. Dengan menempuh jarak kurang lebih 35 Km ke arah barat daya dari ibukota Kabupaten Banjarnegara, kamu akan dapat menemukan puluhan industri rumahan pembuatan batik. Proses pembuatan batik tentu tidak mudah dan tidak sebentar ya guys.. Namun kamu bisa mendapatkan Batik Gumelem ini hanya dengan harga yang dibanderol mulai dari Rp. 200.000. Di sana juga ada batik cap yang dibanderol harga mulai dari Rp. 90.000. Dan kerennya keterampilan membatik ini sudah mulai mereka ajarkan pada generasi penerus sejak duduk di bangku SMP loh. Buat kamu yang sedang berkunjung ke Banjarnegara jangan lupa ke Sentra Kerajinan Batik Gumelem yaaa….!

By Published On: Kamis, 5 Januari 2023Views: 642

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!