Tahu Petis Prasojo, Nikmat dan Legendaris.

Buat para wisatawan yang mengunjungi Semarang, belum lengkap rasanya bila tidak membawa buah tangan tahu petis. Entah dimulai sejak kapan, tahu petis menjadi oleh-oleh khas Semarang. Salah satu yang terkenal dan legendaris adalah Tahu Petis Prasojo Semarang.

Oleh-oleh tahu petis semakin populer karena trend membawa oleh-oleh setelah pulang dari berlibur. Penjual tahu petis pun menjamur dan bermunculan. Setiap produk tahu menawarkan keunggulan sendiri-sendiri.

Tak terkecuali Tahu Petis Prasojo Semarang. Tahu petis yang satu ini banyak dicari wisatawan bahkan para menteri yang berkunjung ke Semarang karena keunggulannya terutama rasanya. Tentunya tahu petis yang lain juga tak kalah enak. Kamu bebas memilih tahu petis sesuai selera masing-masing ya.

Kali ini, artikel ini akan membahas keunggulan tahu petis yang terkenal satu ini. Berikut ulasannya.

Tahu Petis Prasojo, Legendaris dipuja sepanjang masa

  1. Legenda Tahu Petis Prasojo

Tahu Petis Prasojo Semarang sudah dibuka sejak tahun 1980. Perintisnya yaitu Liliek Windarto. Dahulu ia berhenti bekerja dan memilih membuka usaha tahu petis.

Pada waktu itu, penjual tahu petis belum sebanyak hari ini. Awalnya tahu petis ini dibuka di GOR Simpang Lima Semarang. Namun bergeser ke Pujasera karena pembangunan yang kian masif.

  1. Bentuk dan Tekstur

Untuk bentuknya, tahu petis ini juga juara. Bentuknya lebih besar daripada tahu petis populer yang lain. Jika di sandingkan berjejer, tahu petis satu ini sudah pasti menang besar.

Tahunya dipilih dari tahu jenis pong dengan ukuran yang lebih besar dari tahu pada umumnya. Karena disajikan dengan  jenis tahu pong, bentuknya pun lebih mengembang dan lebar. Apalagi jika tahu sudah diisi dengan saus petis. Jika dilihat jadi sangat besar.

Isian saus petis pun dibuat sendiri yang membuatnya khas. Cara membuat saus petis juga mudah. Yaitu dengan menggunakan tapioka, cumi dan udang yang digiling bersama dan dibumbui garam, gula, bawang.

Resep petis ini membuat rasa gurih dan manis terasa dengan baik dalam saus khas Tahu Petis Prasojo Semarang. Selain itu, meski terdapat bahan ikan laut, petis ini tidak berbau amis sama sekali.

Cara memasaknya pun berbeda dengan yang lain. Saus Petis ini dimasak menggunakan perapian tungku, diaduk tanpa henti selama empat jam agar tidak menggumpal dan gosong.

Gimana? Kamu siap memasak adonan saus petis selama empat jam? Kalau tidak, kita serahkan saja pada pemilik tahu petis prasojo ya.

Nah untuk penyajian, tahu petis ini hampir sama dengan tahu bulat. Alias digoreng mendadak. Kemudian tahu yang sudah digoreng langsung diisi dengan petis yang sudah disiapkan tadi. Selain itu, penyajian juga dilengkapi dengan cabe rawit agar rasanya lebih mantap.

  1. Harga dan Outlet

Harga satu buah Tahu Petis Prasojo Semarang cukup murah. Dengan mengeluarkan uang.Rp 3000 saja kamu sudah bisa menikmati tahu petis langganan para pejabat ini.

Warung tahu petis ini tersebar di dua tempat di Semarang. Yaitu di di Simpang lima dan cabang yang satunya berada di Pringgading, Semarang.

Selain menjual tahu petis, warung prasojo juga menyediakan beberapa makanan ringan lain seperti lumpia, pisang goreng, tape goreng, tahu susur, dan rolade goreng.

Itu dia ulasan tentang Tahu Petis Prasojo Semarang yang menjadi favorit para wisatawan. Selain wisatawan, warga sekitar juga tak mau kalah mengantri untuk mendapat tahu petis yang enak satu ini. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kamu yang sedang mencari oleh-oleh tahu petis khas Semarang yang melegenda dan banyak digemari wisatawan. Selamat mencoba.

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!

Leave A Comment