Tumpeng Menoreh Restaurant Dengan View Lembah dan 4 Gunung

Tumpeng Menoreh adalah restauran yang juga destinasi wisata untuk melihat keindahan alam, pemandangan yang bisa kita lihat dari sini adalah view lembah dan bisa melihat 4 gunung sekaligus, diantaranya Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, dan Gunung Sumbing.

Selain bisa menikmati pemandangan alam yang indah kita juga bisa melihat matahari terbit (sunrise) dan matahari terbenam (sunset) karena resto ini buka 24 jam. Tempat ini berlokasikan di desa Ngargoretno yang letaknya di antara Magelang, Jawa Tengah dan Kulon Progo, Yogyakarta.

Nama Tumpeng Menoreh sendiri dikarenakan tempat ini berbentuk heksagonal yang menyerupai tumpeng dan dibangun di kawasan kebun menoreh, tumpeng menoreh didirikan oleh musisi Erix Soekamti dan diresmikan pada bulan Mei tahun 2021, peresmian tempat ini juga melibatkan pemuda sekitar yang dinamakan Gelangprojo.

Erix menegaskan bahwa pengembangan wisata Gelangprojo bertujuan untuk membantu masyarakat setempat untuk mengangkat potensi wisata di daerah tersebut. Gelangprojo adalah sebuah kawasan wisata yang berada di tiga Kabupaten sekaligus, tiga Kabupaten tersebut adalah Kulon Progo, Purworejo, dan Magelang.

Nama Tumpeng Menoreh sendiri adalah hasil dari bukit yang seperti tumpeng dan menoreh sendiri adalah lokasi dari perkebunan menoreh. “kenapa di namakan tumpeng menoreh? Karna kita memiliki bukit di belakang yang berbetuk seperti tumpeng dan letaknya di bukit menoreh”, jelas Erix.

“filosofi dari tumpeng kan do’a ya, orang-orang jawa biasanya menggunakan tumpeng untuk media bersyukur”, tambah Erix. Harapannya Tumpeng Menoreh bisa menjadi doa dan harapan bagi semua orang.

Rute/Arah Menuju Tumpeng Menoreh

 Berikut rute/arah yang akan anda lewati :

  • Dari tugu Jogja ke barat terus sampai perempatan Ring Road barat,lurus sampai perempatan Nanggulan
  • Sampai perempatan Nanggulan belok kanan, lurus terus sampai perempatan Dekso
  • Di perempatan Dekso belok kiri ikuti jalan utama sampai memasuki jalanan bukit yang naik, turun, dan berkelok
  • Terus ikuti jalan utama sampai bertemu petunjuk arah menuju tumpeng menoreh
  • Ambil arah ke kanan kondisi jalan akan berubah menjadi sempit tapi sudah di aspal, ikuti jalan aspal sampai bertemu dengan Tumpeng Menoreh di kiri jalan

Berjarak sekitar 35 KM jika di tempuh dari Jogja, masuknya lewat kebun teh Nglinggo jalanan sudah enak beraspal dan tidak terlalu curam, tapi masalahnya jika membawa mobil dan berpapasan dengan mobil lain dari arah berlawanan.

Lelah letih perjalanan jauh yang sangat membosankan itu akan terbayarkan ketika sampai di Tumpeng Menoreh, kita akan disambut pemandangan alam yang sangat asri, udara yang segar untuk dihirup, bahkan spot foto yang sangat instagramable dari pemandangan alam tanpa tambahan gimmick yang justru merusak pemandangan.

Tempat paling indah tentu saja berada di puncak Tumpeng Menoreh, dengan rooftop luas yang mirip landasan helikopter disini kita bisa melihat pemandangan 4 Gunung yaitu Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, dan Gunung Sumbing yang mengelilingi kita 360 derajat.

Bagi yang mau berkunjung untuk menikmati keindahan alam dan untuk refreshing dari kerasnya kehidupan di kota kalian bisa datang ke kawasan tumpeng menoreh untuk tiket masuk kalian perlu membayar sebesar Rp50.000 sudah include voucher makan Rp25.000 yang bisa kalian tukarkan di area restoran.

Bagi yang membawa kendaraan pribadi akan dikenakan biaya parkir, untuk sepeda motor sebesar Rp.2000 dan untuk mobil sebesar Rp.5000. untuk fasilitas di area Tumpeng Menoreh di sini fasilitasnya tergolong lengkap seperti musholla, toilet, area merokok, dan masih banyak lainnya.

By Published On: Rabu, 28 September 2022Views: 9697

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!