Sentra Kerajinan Tembaga dan Kuningan Boyolali yang Mendunia

Ternyata ada loh kerajinan di Boyolali yang terkenal atau populer kerajinan ini terdapat di Sentra kerajinan tembaga dan kuningan.

Jika ada Desa Wisata Kasongan sebagai sentra produk gerabah, dan Desa Wisata Manding sebagai sentra kerajinan kulit sapi di Jogja, Boyolali berbeda. Terletak di lereng Gunung Merapi, desa wisata Cepogo merupakan pusat kerajinan tembaga dan kuningan.

Hal ini tidak biasa karena masyarakat di sekitar lereng Gunung Merapi umumnya mengandalkan perkebunan dan pertanian untuk mata pencaharian mereka.Sebagai desa wisata, sentra produk tembaga dan kuningan ini terbuka untuk dikunjungi  wisatawan. Saat ini, desa liburan ini menjadi semakin terkenal berkat efek positif dari Internet.

Desa Tumang, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah dikenal sebagai sentra kerajinan tembaga dan kuningan. Desa di lereng Gunung Merapi ini menghasilkan berbagai kerajinan logam berkualitas ekspor.

Berbagai bentuk dan model kerajinan tersedia, mulai dari peralatan rumah tangga hingga dekorasi ruangan hingga berbagai jenis kerajinan  logam.

Sebagian besar masyarakat Tumang memiliki keterampilan membuat kerajinan dari tembaga dan kuningan secara turun temurun.

Untuk kalian yang bepergian ke Boyolali bisa berkunjung ke Sentra kerajinan tembaga dan kuningan ini.

Lokasi sentra kerajinan tembaga dan Kuningan di Boyolali

Ada dua daerah pengrajin Kuningan dan tembaga di Boyolali

  • Yang pertama di Tumang Kupo RT 01 RW 03 Dusun 2 Dukuh Kupo Cepogo,Boyolali dan
  • Yang kedua dikembang kuning Cepogo, Boyolali

Gudang ART Design memiliki beberapa bengkel di Tumang dan Kembang Kuning untuk pembuatan kerajinan tembaga.

Kembang Kuning juga merupakan pusat kerajinan Kuningan dan tembaga yang berkualitas tinggi, karena para tokoh tembaga yang berpengalaman lahir di wilayah Kembang Kuning.

Selain reputasinya sebagai pengrajin peralatan masak aluminium Kembang Kuning kini terlibat dalam Sentra kerajinan tembaga dan kuningan.

 Untuk mencapai Kembang Kuning berkendara melalui distrik Tumang Cepogo Boyolali daerah ini memiliki banyak galeri kerajinan

Produk yang dihasilkan dari kerajinan tembaga dan kuningan

  • memproduksi banyak barang rumah tangga seperti pot, wajan, tambang, dan kendil.
  • dekorasi gerbang,
  • dekorasi relief,
  • juga menerima berbagai pesanan untuk dekorasi.
  • Kubah masjid, ornamen, vas, air mancur, rompi, bak mandi,
  • berbagai jenis lampu mulai dari lampu dinding, lampu gantung, lampu meja
  • mangkok,
  • lampu hias,
  • vas bunga,
  • hiasan dinding

Kerajinan tembaga dan kuningan seperti mangkok, lampu hias,vas bunga, kaligrafi dan hiasan dinding dibuat oleh pengrajin dengan menggunakan teknik ketok udul, teknik menempa dan mengukir, untuk membentuk dimensi sesuai dengan desain yang direncanakan.

Harga kerajinan

Harga dari kerajinan ini bervariasi tergantung dari kerajinan tersebut. Selain itu juga ketebalan dari plat tembaga juga bisa membuat harga semakin mahal.

Kerajinan tembaga dan kuningan desa Tumang semakin berkembang, menghasilkan tidak hanya kerajinan kecil, tetapi juga beberapa industri rumahan di Tumang.

Sentra Kerajinan Tembaga & Kuningan Boyolali menawarkan berbagai  produk kerajinan tangan yang tersedia di seluruh dunia saat ini. Kedua bahan tersebut dapat memberikan nilai seni yang tinggi dalam setiap kerajinan.

Sekilas, tembaga dan kuningan  sangat mirip. Namun, ini adalah dua bahan logam yang berbeda. Meski begitu, kualitas tembaga dan kuningan tidak diragukan lagi.

Itu tadi merupakan sentra kerajinan tembaga dan Kuningan di Boyolali mungkin dari kalian yang sedang berkunjung ke wilayah Boyolali hanya sekedar berlibur kalian bisa menyempatkan berkunjung ke sentra kerajinan tersebut untuk membeli hiasan rumah sebagai oleh-oleh.

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!

Leave A Comment