Mengenal Lebih Jauh Tenun Lurik dan Stagen Pakel Arum.

Pakel Arum menjadi salah satu tempat produksi tenun lurik dan stagen yang populer di Indonesia. Banyak sekali orang yang meminati karya tenun lurik dan stagen Pakel Arum ini. Selain karena motif mereka yang khas, kualitas tenun yang mereka hasilkan tentunya tidak kalah saing dibandingkan tenun lainnya.

Bagi sebagian besar masyarakat tentu tahu bahwa hasil produksi paguyuban Pakel Arum sangat berkualitas. Khususnya masyarakat Jawa yang sudah mengenal paguyuban tersebut sejak dahulu. Namun tidak sedikit orang yang belum mengenal tentang paguyuban Pakel Arum yang menghasilkan tenun lurik dan stagen ini.

Sehingga pada artikel kali ini kami ingin membahas tenun lurik dan stagen Pakel Arum. Bagi kamu yang ingin mengetahui informasi lebih dalam tentang paguyuban Pakel Arum ini, maka harus mengikuti artikel hingga selesai. Sebab kami akan memberikan ulasan menarik yang perlu kamu ketahui tentang Pakel Arum.

Apalagi di era modern ini, tempat produksi kain tenun jarang disorot oleh kalangan Pemuda. Sehingga kami mengharapkan kaum pemuda menyadari bahwa tempat produksi tersebut memiliki sejarah panjang. Lalu apa saja sih ulasan menarik yang harus kamu tahu tentang tenun lurik dan stagen Pakel Arum?

Ulasan menarik tentang tenun lurik dan stagen Pakel Arum :

Menjadi sentra tenun yang dikunjungi mahasiswa Jepang.

Kain tenun yang dimiliki oleh paguyuban Pakel Arum tentunya menarik minat banyak pihak. Tenun lurik dan stagen Pakel Arum tersebut bahkan menarik minat mahasiswa Jepang. Pada tahun 2019 silam, beberapa mahasiswa dari Jepang datang untuk belajar tenun di tempat Pakel Arum tersebut.

Hal ini menunjukkan bahwa tempat produksi kain tenun lurik dan stagen ini memiliki jangkauan yang sangat luas. Bahkan mahasiswa dari Jepang rela datang ke tempat tersebut untuk belajar langsung. Penjelasan tersebut disampaikan oleh Dwi Susilowati yang merupakan istri dari ketua kelompok Pakel Arum

Menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar.

Tentu kita tahu bahwa kualitas tenun lurik dan stagen Pakel Arum memang terjamin. Namun tahukah kamu bahwa paguyuban Pakel Arum ini memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar? Usaha Pakel Arum ini melibatkan sejumlah warga sekitar, sehingga keberadaan sangat menguntungkan bagi perekonomian sekitar.

Ulasan menarik yang kedua ini tentu menjadi salah satu hal yang membanggakan dari paguyuban Pakel Arum. Sehingga yang dilihat oleh masyarakat tidak hanya kain tenun lurik dan stagen yang berkualitas saja. Melainkan dampak yang diberikan oleh tempat produksi tersebut terhadap masyarakat sekitar.

Harga tenun lurik dan stagen Pakel Arum.

Selain dua ulasan menarik di atas, terdapat ulasan menarik lainnya yaitu terkait harga tenun lurik dan stagen Pakel Arum. Mereka membandrol hasil tenun yang dibuat mulai dari harga Rp40.000 per meternya. Kain tenun ini dijual dengan ukuran 2 hingga 2,5 meter. Dengan harga itu tentunya sangat murah jika melihat kualitasnya yang bagus.

Sedangkan untuk harga stagen mulai dari Rp15.000, tentunya sudah mendapatkan kualitas yang bagus. Untuk kain tenun lurik mereka memberikan harga bervariasi seperti Rp80.000. Jadi itu dia ulasan ketiga yang harus kamu tahu tentang kain tenun dan stagen Pakel Arum yang sangat populer.

Tenun lurik dan stagen Pakel Arum memiliki kualitas di atas rata-rata dan masih dilakukan dengan alat-alat sederhana. Mereka masih mempertahankan alat-alat klasik dalam pembuatan tenun. Jadi itu dia pembahasan menarik yang harus kamu tahu tentang kain tenun lurik dan stagen Pakel Arum.

By Published On: Jumat, 12 Agustus 2022Views: 557

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!