Mengenal 3 Fakta Sentra Kerajinan Gerabah Klipoh yang Berada di Magelang.

Gerabah menjadi salah satu kerajinan yang tetap dijaga oleh masyarakat desa Klipoh. Klipoh sendiri ialah salah satu nama desa yang berada di Magelang, Jawa Tengah. Sentra kerajinan Gerabah Klipoh menjadi salah satu cerita unik yang banyak dibahas. Salah satu alasannya karena kerajinan Gerabah ini dilakukan secara turun temurun.

Kerajinan Gerabah yang berada di Magelang tersebut menjadi sentra kerajinan yang banyak dikunjungi. Selain karena memberikan dampak pada perkembangan ekonomi, nyatanya banyak orang yang tertarik karena sejarah panjangnya. Terutama karena kerajinan Gerabah tersebut dijalankan sejak nenek moyang.

Sentra kerajinan Gerabah Klipoh memiliki banyak keunikan dan fakta-fakta menarik. Pada artikel kali ini kami ingin membahas tiga fakta menarik yang dimiliki oleh kerajinan Gerabah yang ada di Magelang itu. Bagi kamu yang tertarik dengan kerajinan klasik seperti Gerabah, maka harus mengikuti artikel kali ini hingga selesai.

Sebab kamu akan mendapatkan wawasan yang sangat menarik dari pembahasan artikel kali ini. Khususnya warga Jawa Tengah yang belum mengenal lebih jauh tentang desa Klipoh dan sentra kerajinan Gerabahnya. Lalu apa saja sih fakta menarik yang harus kamu tahu tentang kerajinan Gerabah yang ada di desa klipoh?

3 fakta kerajinan Gerabah di Klipoh Magelang.

1. Lokasi dekat Borobudur.

Banyak orang yang tertarik untuk membahas tentang sentra kerajinan Gerabah Klipoh ini. Tahukah kamu bahwa desa Klipoh yang menjadi sentra kerajinan Gerabah ini berlokasi dekat Candi Borobudur. Jarak antara desa Klipoh sentra kerajinan Gerabah dengan Candi Borobudur hanya terbentang 3 km saja.

Yang menarik bukan hanya tentang lokasinya, menurut pendapat masyarakat sekitar bahwa hadirnya Gerabah tersebut berbarengan dengan dibangunnya Candi Borobudur. Penuturan tersebut tentunya semakin membuat kamu penasaran tentang lokasi sentra kerajinan ini. Jadi itu dia fakta menarik pertama yang harus kamu tahu.

  1. Masih menggunakan teknik sederhana.

Yang spesial dari sentra kerajinan Gerabah Klipoh yaitu masih menggunakan teknik sederhana dalam pembuatannya. Seiring berkembangnya teknologi tentu hadir alat-alat yang bisa membuat Gerabah. Namun para pengrajin masih mempertahankan cara yang diajari oleh leluhur dalam pembuatan kerajinan Gerabah ini.

Meskipun memiliki harga yang terbilang murah dibandingkan dengan susahnya pembuatan, mereka masih menjaga dengan baik cara sederhana tersebut. Sehingga Gerabah yang dibuat oleh masyarakat Klipoh memiliki kualitas tersendiri. Jadi itu dia fakta kedua yang harus kamu tahu tentang kerajinan Gerabah di desa Klipoh.

  1. Menjadi daya tarik di sekitar Candi Borobudur.

Fakta ketiga yang harus kamu tahu tentang sentra kerajinan Gerabah Klipoh yaitu mampu menjadi daya tarik di sekitar Candi Borobudur. Seperti yang kita tahu bahwa daerah tersebut hanya terbentang jarak 3 km dari Candi Borobudur. Dengan kemajuan sentra kerajinan ini, membuat masyarakat daerah tertarik untuk berkunjung.

Sehingga masyarakat yang sejatinya hanya ingin datang ke Candi Borobudur, dapat berkeliling untuk melihat daerah produksi kerajinan Gerabah tersebut. Lagi-lagi hal itu berdampak pada sektor perekonomian masyarakat sekitar. Jadi itu dia fakta ketiga yang harus kamu tahu tentang sentra kerajinan Gerabah di Klipoh, Magelang.

Sentra kerajinan gerabah klipoh menjadi salah satu wisata sejarah yang bisa kamu kunjungi. Apalagi kamu bisa datang ke Candi Borobudur karena lokasinya yang dekat dengan Desa Klipoh ini. Apalagi terdapat 3 fakta menarik yang telah kita ulas di atas sebagai daya tarik tersendiri.

By Published On: Sabtu, 6 Agustus 2022Views: 920

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!