Yuk Mengenal Sentra Kerajinan Gerabah Kasongan dari Daerah Yogyakarta Ini!

Sentra kerajinan gerabah kasongan merupakan salah satu jenis produk UKM khas Bantul yang bergerak pada bidang kerajinan. Yang mana kerajinan kasongan hingga saat ini menjadi ikon tersendiri dari Kabupaten Bantul.  Produksi kasongan sendiri meruapakan industri yang berfokus pada kerajinan gerabah atau kerajinan keramik yang mana ini memang aset dari daerah ini.

Jadi jangan heran ketika kalian sedang mengunjungi atau berada di daerah Bantul ya, kalian akan sering menjumpai berbagai jenis produk gerabah disepanjang jalan. Jangan lupa untuk membelinya ya, karena pastinya kalian tidak akan kecewa dengan produk yang dihasilkan dari UMKM ini, karena memang gerabah asli yang dibuat di sini memiliki ciri khas tersendiri.

Hebatnya lagi, sentra kerajinan gerabah kasongan yang berpusat di Bantul Yogyakarta ini sudah menerima layanan pesanan hingga di ekspor kepenjuru luar Negeri lho. Nah, nama Kasongan yang diambil dari sentra kerajinan gerabah yang satu ini sebenarnya merupakan desa wisata lho. Para pengunjung yang mengunjungi wisata di desa Kasongan ini juga tidak hanya warga lokal.

Namun para pengunjungnya juga ada dari wisawatan hingga mancanegara. Sudah terbayang bukan bagaimana populernya wisata kasongan ini. Jadi sangat tepat ya, sudah memiliki tempat wisata yang lengkap dengan oleh-oleh khasnya juga. Jadi setelah ini segeralah meluncur dengan mengunjungi wisata desa Kasongan ini dan jangan lupa untuk membawa pulang gerbahnya ya.

Nah, Kini Saatnya Kalian Mengenal Lebih Jauh Sentra Kerajinan Gerabah Kasongan Berikut ini

  1. Memiliki Beragam Jenis Gerabah Berkualitas Dengan Harga Terjangkau

Sentra kerajinan gerabah kasongan sudah ada sejak lama oleh karena itu semua jenis gerabah Yanga ada di sana sudah pasti berkualitas. Bahkan semua coraknya sangat menarik untuk dimiliki kalian juga bisa memilikinya dengan harga yang relatif murah lho. Karena memang kenyataannya produk Kaosngan ingin memberikan sesuatu yang berbeda dari yang lainnya.

Bahkan usaha kerajinan gerabah di sini juga memiliki nilai seni yang mana dibuat dari para pengrajin kreatif yang sangat suka bereksperimen membuat sesuatu yang baru dengan mengombinasikan beberapa bahan menjadi satu. Salah satunya adalah batok kelapa, ada juga kerajinan yang menggunakan bahan kayu hingga bambu yang dihiasi ornamen cantik.

       2. Beragam Jenis Hiasan Berbentuk Gerabah yang Sangat Cantik

Kelebihan lainnya dari sentra kerajinan gerabah kasongan ini adalah gerabah yang dibuat dengan produk bervariasi. Di kasongan ini kalian akan menemui barang-barang cantik mulai dari tempat pensil, patung-patung cantik berbagai ukuran, ada juga guci-guci bermotif menarik, dan juga pot bunga yang biasa dikenal dengan sebutan wuwung yang mana sangatlah menarik.

Kalian akan puas menjelajah dan melihat semua kerajinan gerabah yang ada di sentra gerabah kasongan ini. Bahkan ketika kalian mendatangi ini kalian bisa melakukan kegiatan mempercantik barang gerabah tersebut dengan tangan kalian sendiri. Karena di sana akan disajikan beberapa gerabah yang polos dan bisa kalian cat sendiri untuk memberikan kesan sentuhan natural.

Jadi tunggu apalagi? Yuk segera kunjungi sentra kerajinan gerabah kasongan dan nikmati wisata kasongan yang ada di sana. Dengan kalian berlibur di sana pasti akan merasakan kepuasan dan kenikmatan tersendiri yang mana pasti bisa membuat kalian merasa puas dengan menikmati karya dari sentra kerajinan gerabah yang satu ini. Yuk, segera meluangkan waktu libur kalian.

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!

Leave A Comment