Magelang, 19 September 2024 – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Baparekraf) Sandiaga Salahudin Uno mengunjungi lokasi pengembangan di DPSP Borobudur, Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

 Peninjauan ini dibersamai dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Luhut B. Pandjaitan di antaranya mengunjungi Lapangan Borobudur, Museum dan Kampung Seni Borobudur.

Museum dan Kampung Seni Borobudur dibangung dan difungsingkan untuk area parkir, sentra oleh-oleh dan juga pusat aktivitas serta edukasi untuk memberikan alternatif pengalaman wisatawan saat berkunjung ke Borobudur.

Kampung Seni juga merupakan lokasi berjualan yang memiliki kapasitas 1.943 kios UMKM. UMKM sebelumnya menempati Zona 2 Kompleks Candi Borobudur.

Menparekraf juga menjelaskan, nantinya penataan kawasan Candi Borobudur akan berbasis Single Authority Management yang akan menangani aspek pariwisata, konservasi hingga komersial.

“Ini merupakan momen yang bersejarah karena di baawah regulasi baru (Perpres Single Authority Management) maka penataan Borobudur ini akan ditangani oleh Single Authority Management” kata Sandiaga.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan mengucapkan rasa syukur atas rampungnya penataan ulang sejumlah atraksi wisata yang melengkapi pengalaman berwisata di kawasan Candi Borobudur. Setelah berjalan selama 32 tahun dan selesai di akhir masa pemerintahan Presiden Joko Widodo.

“Dan kemarin (18/9) juga Pak Jokowi sudah tanda tangan Perpresnya ini sehingga penataan Borobudur ini sudah akan terpadu jadi semua unsur-unsur sudah terlibat di sini,” ujar Luhut.

Namun sebelum area atraksi wisata diresmikan pada Oktober 2024 oleh Presiden Joko Widodo, dikatakan Luhut ruang diskusi masih terbuka lebar dengan berbagai pihak terkait untuk menyempurnakan penataan ulang kawasan Borobudur.

“Karena ini milik kita semua dan maha karya lebih dari 1.200 tahun yang lalu. Jadi kita dengar semua,” kata Luhut.

Hadir mendampingi Menparekraf, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf/Baparekraf, Hariyanto; Direktur Pengembangan Destinasi 1 Kemenparekraf/Baparekraf, Sri Utari Widyastuti; dan Direktur Utama Badan Otorita Borobudur (BOB) Agustin Perangin-angin.

Turut hadir Wakil Menteri Agama (Wamenag), Zainut Tauhid; Deputi Koordinator Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves, Odo Manuhutu; Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney Maya Watono; serta para tamu undangan.

 

 

Divisi Komunikasi Publik

Badan Pelaksana Otorita Borobudur

 

By Published On: Thursday, 19 September 2024Views: 259

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!