YOGYAKARTA – Dalam rangka menciptakan aksesibilitas rute penerbangan internasional baru untuk mendukung kunjungan wisatawan mancanegara, Badan Pelaksana Otorita Borobudur (BPOB) menjadi tuan rumah Forum DPSP Borobudur bersama pentahelix lintas sektor pariwisata, di Aula Kantor BPOB (13/09/24).

Forum ini merupakan tindak lanjut diskusi pada Forum DPSP Borobudur yang terakhir diselenggarakan pada 23 Agustus 2024 dengan menyimpulkan perlunya “supply and demand” untuk membuka rute penerbangan internasional baru khususnya via Yogyakarta International Airport (YIA).

Direktur Destinasi Badan Pelaksana Otorita Borobudur (BPOB), Neysa Amelia menjelaskan bahwa BPOB mendukung para pelaku pariwisata untuk meningkatkan aksesibilitas khususnya bagi wisatawan mancanegara.

Saat ini sudah ada penerbangan langsung (direct flights) dari/ke Singapura dan Malaysia via Bandara YIA.

Ketua DPD Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) DIY, Edwin Himna menyampaikan bahwa “kita perlu menjaga konsistensi market penerbangan yang besar seperti wisatawan dari Malaysia, namun terus membuka peluang di market baru seperti penerbangan langsung negara ASEAN dan Jepang”

Selain ASEAN dan Jepang, Eropa khususnya Belanda dan Perancis, serta Australia juga menjadi fokus wisatawan mancanegara utama menurut Ketua Badan Promosi Pariwisara Daerah (BPPD) DIY, GKR Bendara pada Forum DPSP Borobudur pada 23 Agustus 2024 lalu.

Berdasarkan data dari Angkasa Pura I, kapasitas Bandara YIA adalah 20 juta penumpang per tahun.

Dalam kesempatan ini Ketua DPD Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) DIY, Bobby Adryanto, menyampaikan bahwa “selain memperbesar market atau jumlah wisatawan, kita perlu menyelesaikan persoalan penataan produk pariwisata, sdm, dan kelembagaan”

Dinas Pariwisata Provinsi DIY, Angkasa Pura I (YIA), DPD HPI DIY dan DPD PHRI DIY turut mengajak para pelaku pariwisata untuk bekerjasama dan bersinergi dalam melakukan Fam Trip, partisipasi pada Travel Fair, promosi media, sosial media, dan film, penyelenggaraan event, serta promosi bertema khusus seperti Budaya, Religi, Gastronomi, Wellness, dan Desa Wisata.

By Published On: Friday, 13 September 2024Views: 32

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!