Tentang Curug Sumba, Tiket Masuk dan Daya Tarik Terbaik

Curug Sumba, mungkin masih belum familiar ya dengan destinasi alam perawan yang ada di daerah Jawa Tengah khususnya kabupaten Purbalingga ini. Air Terjun Sumba atau Curug Sumba masih menjadi salah satu titik tujuan yang belum ramai dan pemandangannya masih sangat mengesankan. Di mata wisatawan yang pernah berkunjung ke sana, mereka mendapatkan banyak ketenangan hati. 

Kupas yuk rasa penasaran Anda tentang Curug Sumba!

Tentang Curug Sumba

Curug Sumba adalah salah satu destinasi yang ada di Jawa Tengah, kabupaten Purbalingga, kemojing, desa tlahab, kecamatan karangreja, kabupaten Purbalingga. Jarak tempuh menuju lokasi ini tidak terlalu jauh dari pusat kota Purbalingga ya karena hanya 16 km saja atau sekitar 20 menitan menggunakan kendaraan roda empat. Purbalingga jarang sekali macet, lebih banyak  kendaraan padat lancar sehingga Anda yang menuju ke destinasi lain Purbalingga tidak akan merasa kesusahan rute. 

Keindahan Curug Sumba sama dengan keindahan alam air terjun lainnya yang menampakkan air jernih dan kolam renang kecil untuk mendukung para wisatawan. Ketinggian air terjunnya juga cukup pendek, yakni 15 meteran, dengan jumlah deburan air terjunnya 3 buah. 

Derasnya air terjun Curug Sumba terbilang agak lumayan tinggi sehingga Anda yang datang ke sana saat musim kemarau akan lebih disarankan karena debit airnya tidak terlalu tinggi. Namun, ketika musim hujan sebaiknya Anda datang sebelum hujan tiba dan jika telah tiba segera naik ke permukaan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Tiket Masuk, Rute Ke Curug Sumba

Tiket masuk Curug Sumba per bulan Mei 2024 masih berada di harga Rp. 5.000 per orang dengan jasa penitipan kendaraan motor Rp. 3.000 – Rp. 5.000. Jam buka Curug Sumba mulai dari 06.00 – 16.00. Untuk malam hari tempat tersebut ditutup untuk menghindari momentum yang kurang menyenangkan. 

Ada sisi Curug Sumba yang ketinggiannya sangat pendek, dan lebih cocok untuk Anda yang ingin berenang dan bermain air. Suhu airnya terbilang masih segar, tidak terlalu dingin sekali walaupun berada di kaki gunung slamet lho!

Harga makanan di sana masih sangat  murah dan enak, seporsi nasi ayam saja hanya dibandrol Rp. 12 ribu – Rp. 15 ribu plus dengan lalapan, sambal dan es teh. 

Daya Tarik Curug Sumba

  1. Kontur Curug Sumba seperti danau kecil yang mana ada sisi untuk berenang tanpa pengaman. 
  2. Airnya masih sangat jernih dan bau hutan begitu tajam. 
  3. Fasilitas yang tersedia lumayan banyak seperti toilet, gazebo, tempat makan yang bersih, dan kolam renang. 
  4. Udaranya masih sangat alami, sejuk dan cocok untuk terapi mental buat Anda yang sedang mengalami tingkat kejenuhan tinggi dan stress. 
  5. Ada spot wisata dalam gua (mirip gua) yang bisa Anda nikmati hanya dengan berjalan kaki. 

Ada peringatan yang harus Anda patuhi seperti tidak boleh membuang sampah sembarangan, tindakan asusila, membawa senjata tajam dan melukai hewan jinak. Jangan sampai Anda lewatkan berkunjung ke Air Terjun Sumba yang super keren murahnya dan sangat menenangkan jiwa. Purbalingga adalah daerah dengan peminat wisata masih dalam tahapan berkembang tapi diam-diam di dalamnya menyimpan aura ketertarikan alam yang sangat fantastis. Sekali Anda masuk ke sana tidak akan pernah kecewa dengan hasil wisata Purbalingga. Di sana juga tersedia penginapan dan tempat kemah untuk Anda yang ingin mencoba sensasi malam bersama Purbalingga ceria. 

By Published On: Tuesday, 17 September 2024Views: 11

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!