Purworejo, 6 Maret 2024 – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) yang dihadiri oleh satuan kerja Biro Komunikasi mendukung upaya Badan Otorita Borobudur (BOB) untuk meningkatkan kualitas layanan publik dengan mengoptimalkan media sosial.
Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf/Baparekraf, I Gusti Ayu Dewi Hendriyani saat hadir di acara “Rapat Koordinasi Forum Wartawan BOB Bersama Biro Komunikasi Kemenparekraf/Baparekraf”, di Deloano Glamping, Purworejo pada Selasa (5/3/2024), mengatakan bahwa peningkatan pelayanan publik melalui penyebaran informasi yang informatif harus terus dilakukan melalui inovasi dan kolaborasi.
“Kita harus bijak memanfaatkan teknologi dan menggunakan kanal-kanal informasi yang saat ini terbukti dapat memperluas dan mempercepat penyebaran informasi kepada masyarakat, dan kita harus terus mengevaluasi dan memantau dengan baik pemberitaan melalui media monitoring secara berkala sehingga kita dapat menganalisis yang mana efektif dan yang kurang efektif dalam penyampaian informasi,” kata Dewi dalam acara yang berlangsung di Glamping Deloano, Purworejo.
Baca Juga : Kemenparekraf Dukung Badan Otorita Borobudur
Kemenparekraf memiliki berbagai saluran publikasi yang dapat dimanfaatkan BOB dalam menyebarkan informasi kepada publik. Melalui acara ini juga diharapkan, kolaborasi yang selama ini telah terjalin dengan baik dapat semakin meningkat.
“Biro Komunikasi mengelola kanal resmi dan media luar ruang Kemenparekraf/Baparekraf yang dapat digunakan sebagai sarana penyebaran informasi terkait program kerja dan kebijakan. Serta sarana promosi dan penyebaran informasi pelayanan publik yang di dalamnya bisa terkait program dan pelayanan informasi dari BOB salah satunya, sehingga terjalin sinergi,” kata Dewi.
Direktur Utama Badan Otorita Borobudur, Agustin Peranginangin, mengatakan kolaborasi saat ini menjadi satu harapn terutama bagi BOB dalam upaya pengembangan pariwisata. Terlebih BOB memiliki cakupan wilayah koordinatif dengan total 35 kabupaten/kota yang tersebar di Jawa Tengah, Yogyakarta, dan sebagian Jawa Timur.
“Program kami banyak, keinginan masyarakat banyak, tapi di sisi lain resources kami terbatas. Tapi dengan kolaborasi yang baik antara semua stakeholder tentu program-program kerja bisa tersampaikan dengan baik,” ujar Agustin.
Kegiatan ini dirangkai dengan pertemuan dan koordinasi antara perwakilan Forum Wartawan BOB dengan perwakilan Forum Wartawan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Forwaparekraf).
Pertemuan menghasilkan beberapa kesepakatan di antaranya kedua forum wartawan pariwisata siap berkolaborasi dengan pemerintah pusat juga daerah serta para pemangku kepentingan untuk mendukung pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, khususnya di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Borobudur dengan tanpa mengurangi nilai-nilai independensi kerja jurnalistik para wartawan.