Yogyakarta, 7 Oktober 2024 – Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) 2024 kembali digelar semarakkan HUT Kota Yogyakarta ke-268 yang dilaksanakan di Tugu Pal Putih, hari ini, Senin (07/10) malam.

Dengan mengusung tema “Gatotkaca Wirajaya”, tahun ke-9 ini WJNC menampilkan ratusan seniman yang menyuguhkan karya terbaiknya dari 14 kemantren di Kota Yogyakarta.

WJCN masuk dalam TOP 10 Karisma Event Nusantara (KEN) sebagai bentuk dari perpaduan seni dan budaya dengan koreografi dan musik yang tak kalah ciamik membangkitkan semangat dan antusias masyarakat yang memadati lokasi sejak sore hari.

KEN merupakan kolaborasi antara Kemenparekraf dengan daerah melalui penyelenggaraan event berkualitas. KEN bertujuan untuk mempromosikan destinasi pariwisata dan ekonomi kreatif, meningkatkan kunjungan wisatawan, melakukan pemberdayaan potensi lokal, serta memberikan dampak positif terhadap ekonomi, sosial budaya, dan lingkungan.

Pj. Walikota Yogyakarta, Sugeng Purwanto menjelaskan bahwa WJNC bukan sekedar agenda tahunan, tetapi diharapkan memberikan dampak positif bagi ekonomi kreatif dan juga pariwisata khususnya di Kota Yogyakarta

“Bukan sekedar agenda tahunan, tapi diharapkan dapat memberi dampak positif dan mampu menjadi penggerak ekonomi bagi masyarakat kota Yogyaa,” kata Purwanto.

Melibatkan lebih dari 1000 lapisan masyarakat yang terdiri dari seniman profesional, komunitas dan juga masyarakat, diharapkan identitas kota Yogya yang terdiri dari nilai tradisi yang luhur terintegrasi dalam kehidupan masyarakat.

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X yang turut menyaksikan rangkaian WJNC menjelaskan bahwasanya seperti tokoh Gatotkaca yang merupakan simbol kesatrian yang berpegang teguh dalam menegakkan keadilan dan membela negaranya.

“Kota Yogya dengan segala keindahan dan potensinya, tanggung jawab seluruh warganya. Kita menyadari sepenuhnya untuk mengembangkan ekosistem lingkungan, sosial dan budaya, menabuhkan harmoni yang membawa kesejahteraan bagi masyarakat,” kata Sri Sultan .

Selain itu, WJNC 2024 diharapkan menjadi hiburan yang menyejukkan dan mampu menyajikan harmoni dan menjadi wadah pagi para pelaku ekonomi kreatif melalui visualisasi karya kreatif seniman Yogyakarta.

Hadir dalam kegiatan ini Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Borobudur, Agustin Peranginangin, Direktur Keuangan, Umum dan Komunikasi Publik, Yusuf Hartanto.(*)

By Published On: Monday, 7 October 2024Views: 159

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!