Liburan ke Jepara, Jangan Lupa Mampir Pantai Kartini. Apa Saja Daya Tariknya?

Kota Jepara ternyata menyimpan keindahan wisata pantai yang cantik dan luar biasa. Kota yang berada dekat dengan laut Jawa ini punya pantai indah dan cantik, yakni Pantai Kartini Jepara.

Pantai ini diberi nama Kartini sebab di masa lalu kediaman R.A Kartini berada tak jauh dari pantai. Pantai satu ini pun menjadi saksi R.A Kartini kecil senang dan sering bermain dengan para saudaranya.

Keindahan yang Menarik dan Mempesona Pantai Kartini

Sejarah tersebutlah yang membuat pemerintah daerah menetapkan memberikan nama Kartini pada wisata pantai ini. Objek wisata Pantai Kartini sendiri berada sekitar 2,5 km ke arah barat Pendopo Kabupaten Jepara. Wisata satu ini terletak di Kelurahan Bulu, Kecamatan Jepara dan merupakan lokasi wisata alam yang jadi favorit para wisatawan. 

Keunikan dari objek wisata alam ini adalah udara di sekitarnya yang terasa sejuk sehingga berikan kesan tersendiri untuk para wisatawan yang datang. Tidak heran, tempat wisata ini menjadi tempat rekreasi bersama keluarga maupun menjadi tempat acara santai yang lain. 

Objek wisata pantai di Jepara ini punya sejumlah daya tarik yang bagus dan tak boleh sampai terlewatkan. Apa saja daya tarik tersebut? Baca di bawah ini!

  • Banyak Lokasi Instagramable

Destinasi wisata ini punya sudut-sudut instagramable. Para wisatawan tentu akan selalu mengabadikan keindahan di pantai ini. Spot yang banyak digunakan oleh wisatawan untuk swafoto adalah area jembatan di tepian pantai, tulisan “PANTAI KARTINI” berukuran raksasa serta tugu Kartini.

  • Santai di Gazebo

Di objek wisata ini, para pengunjung bisa melepaskan rasa lelah dengan duduk-duduk di bawah gazebo. Bersantai sambil menghirup udara segar dan terpaan angin laut. Tidak perlu merasa khawatir akan merasa lapar, sebab ada banyak kedai yang jual makanan dan minuman di sekitar area ini.

  • Berkemah atau Camping di Pantai

Pengunjung bisa menikmati suasana pantai dengan camping. Wisatawan pun bisa menikmati keindahan sunset dan sunrise yang indah dan mempesona. Suasana sunset jadi waktu paling dinantikan oleh wisatawan, apalagi yang suka berfoto cantik.

  • Menyeberang Menuju Pulau Panjang

Dari pantai, para wisatawan dapat menyeberang menuju ke Pulau Panjang. Wisatawan bisa menyeberang dengan perahu motor. Di Pulau Panjang, Anda dapat melihat berbagai flora-fauna yang dilindungi pemerintah. 

Datanglah bersama dengan anak-anak, karena sekaligus untuk wisata edukasi.

Wahana Permainan dan Lokasi Pantai Kartini

Di Pantai Kartini juga terdapat wahana-wahana permainan yang seru, seperti:

  • Kura-Kura Ocean Park

Ini adalah landmark favorit. Di sini para wisatawan dapat menjelajahi serta menemukan berbagai informasi tentang habitat basah laut Indonesia. Terdapat pula patung kura-kura raksasa yang menarik untuk menjadi objek foto.

Tak hanya menjadi tempat hiburan, Kura-Kura Ocean Park pun jadi sarana edukasi anak-anak untuk lebih mengenal beragam habitat bawah laut. 

  • Berenang

Jika tak bisa berenang di pantai, terdapat pilihan bagi para wisatawan untuk berenang serta bermain air di kolam disediakan. Lokasi ini dapat menjadi arena bermain cukup aman serta mudah untuk diawasi, terutama untuk anak-anak.

  • Spoor Mini

Spoor merupakan Bahasa Belanda yang memiliki arti kereta api. Di pantai ini, terdapat wahana Spoor Mini yang menjadi kesukaan anak-anak dan juga sangat menarik untuk dijadikan sebagai spot foto yang instagenic.

  • Catur Berukuran Raksasa

Tak hanya patung kura-kura raksasa, catur berukuran jumbo yang ada di pantai ini pun menjadi ikon. Spot ini bisa dinikmati oleh wisatawan yang bahkan hanya mampir sebentar. 

  • Pesawat Terbang TNI AU

Tidak perlu merasa bingung jika Anda melihat pesawat sungguhan di tempat wisata ini. Nyatanya, ada pesawat hibah dari TNI AU yang sudah tidak difungsikan berjenis Paper Cheroky. Pesawat ini kini difungsikan sebagai wahana wisata di Pantai Kartini.

Lokasi dari pantai Jepara ini bisa ditempuh sekitar 10 menit perjalanan dari pusat kota Jepara. Waktu terbaik berkunjung ke Pantai Kartini adalah saat pagi dan sore hari.

By Published On: Tuesday, 10 September 2024Views: 38

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!