Indahnya Air Terjun Kali Banteng Yang Jernih Dan Menyegarkan

Berencana berwisata ke Kudus, tetapi belum dapat rekomendasi tempat? Anda yang memerlukan destinasi wisata alam dapat mempertimbangkan Air Terjun Kali Banteng. Berada cukup jauh dari pusat keramaian membuat air terjun ini cocok disambangi para wisatawan yang ingin melepas penat sambil menyaksikan keindahan alam.

Lalu, apa saja hal menarik yang ditawarkan air terjun tersebut? Simak daya tarik, fasilitas, rute ke
lokasi, hingga jam operasionalnya berikut ini!

Pesona air terjun berundak

Berlokasi di Desa Rahtawu, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Air Terjun Kali Banteng menghadirkan panorama yang dijamin membuat siapa saja terpikat. Apalagi sejak 2018, pemerintah desa dan pihak-pihak terkait memberikan pengelolaan memadai. Terlihat dari fasilitas dan layanan yang disediakan untuk para pengunjung.

Meski demikian, pihak pengelola memastikan kondisi alam di sekitar air terjun tetap asri dan bersih. Jadi, Anda dapat menyaksikan air terjun atau curug berketinggian 20 meter tersebut tanpa gangguan. Undakan dari bagian puncak hingga ke bawah memberikan membuat pemandangan air mengalir yang unik dan patut diabadikan dalam foto. Adapun sumber mata airnya berasal dari Gunung Muria. Kejernihannya memungkinkan wisatawan melihat bebatuan pada dasar air kolam air terjun. Pemeliharaan dan pemantauan dari pengelola juga membantu kebersihannya terjaga.

Namun, wisatawan tetap bisa menikmati segarnya air terjun dari sumber mata air alami tersebut. Tersedia kolam penampung atas dan bawah yang aman untuk berenang atau sekadar berendam. Karena tergolong dangkal, kedalaman maksimal saat debut air deras pun hanya sekitar 1 meter.

Fasilitas lengkap dan terjangkau

Untuk menunjang kenyamanan dan keamanan wisatawan di Air Terjun Kali Banteng, pengelola menyediakan berbagai fasilitas. Sebut saja saung atau gazebo untuk tempat beristirahat, makan bekal, atau berfoto. Kalaupun tak membawa bekal, Anda dapat membeli makanan dan minuman yang tersedia di warung-warung sekitar. Fasilitas lain yang tersedia di tempat wisata Kudus ini adalah area parkir yang cukup luas untuk macam-macam kendaraan. Ada pula toilet yang bisa diakses untuk buang air. Kemudian, trekking ke air terjun sudah dipermudah dengan jalur yang aman untuk anak-anak. Kendati begitu, Anda tetap harus waspada, terutama saat datang di musim hujan yang akan membuat beberapa area dan jalan licin. Perhatikan sekeliling agar tak terpisah dari rombongan saat berkunjung secara berkelompok.

Harga tiket masuk dan jam operasional

Harga tiket masuk (HTM) ke Air Terjun Kali Banteng sangat terjangkau, yakni Rp5.000 per orang. Sementara jam operasionalnya buka dari pukul 8 pagi sampai 5 sore, dari Senin sampai Minggu. Lalu jarak yang harus ditempuh dari tempat parkir hingga air terjun hanya 50-100 meter saja.

Rute perjalanan ke lokasi wisata

Anda yang berangkat dari pusat kota Kudus dapat mengambil rute dari Jalan Raya Kudus menuju Colo. kemudian dari sana belok kiri yang mengarah ke Jalan Bae – Besito. Dari tugu wisata di Desa Rahwatu tinggal teruskan perjalanan selama 15 menit sampai tiba di lokasi tujuan yang berada di sebelah kanan jalan.  Sementara Anda yang pergi dari Pemandian Alam Rahwatu atau Kali Pethuk bisa jalan kaki atau menaiki kendaraan dengan jarak tempuh 100 meter. Jika pergi dari Alun-alun Kudus, waktu tempuh yang dibutuhkan kurang lebih 42 menit. Antisipasi jalanan berkelok saat memasuki pedesaan.  Selamat berlibur di Air Terjun Kali Banteng!

By Published On: Tuesday, 3 September 2024Views: 40

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!