Air Terjun Kedung Pedut, Cara Seru Segarkan Pikiran Anda!

Rekreasi ke air terjun masih jadi destinasi favorit masyarakat Indonesia untuk sekadar berenang, berendam menikmati segarnya air, mendengar gemericik air yang mampu refresh pikiran. Ada salah satu lokasi air terjun tersohor di Kulon Progo, yakni Air Terjun Kedung Pedut yang sayang untuk dilewatkan.

Manfaat Wisata Air Terjun

Berwisata air memberikan beberapa manfaat baik bagi tubuh anda, berikut sederet khasiatnya yang harus diketahui:

  1. Relaksasi

Air terjun punya efek relaksasi terhadap pikiran manusia yang dapat mengurangi rasa stres. Peneliti bahkan setuju bahwa meluangkan waktu di dekat air dapat mengurangi level kortisol, yakni hormon yang berkaitan dengan stres. Pengurangan hormon stres hasilnya dapat membuat pikiran anda jauh lebih tenang, kurangi rasa cemas.

  1. Terhubung dengan alam

Air terjun memiliki kecantikan natural yang menarik perhatian, mulai dari suara, panorama, dan pergerakan air yang menciptakan sensasi kedamaian dan ketenangan. Suara alam yang masuk ke telinga anda dapat menghentikan berbagai gangguan di sekitar sehingga pikiran jadi lebih rileks, ditambah menyaksikan langsung eloknya air terjun yang turun dan pemandangan di sekeliling lokasi.

  1. Segarkan mata

Melihat indahnya aliran air ketika menghantam bebatuan dapat bantu segarkan mata yang baik untuk mengurangi perasaan tegang hingga cemas. Suguhan panorama tersebut pastinya akan membuat anda tak henti-hentinya kagum sekaligus bersyukur.

  1. Jaga kesehatan fisik

Di samping menawarkan estetika natural beserta khasiat kesehatan mental, air terjun juga punya manfaat baik terhadap kesehatan fisik anda. Hal ini dibuktikan mulai dari perjalanan panjang menuju air terjun yang kebanyakan harus ditempuh dengan jalan kaki, kemudian berenang, hingga memanjat bebatuan yang semuanya termasuk olahraga low-impact.

Walau low-impact namun aktivitas tersebut bagus untuk kesehatan jantung, perkuat otot, dan fleksibilitas tubuh.

  1. Koneksi sosial

Objek wisata ini tentunya didatangi oleh banyak orang dari berbagai kalangan yang mana amat bagus untuk anda memperluas koneksi sosial melalui cara menyenangkan.

Tips Mengunjungi Air Terjun Kedung Pedut

Kedung Pedut berlokasi di Dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kabupaten Kulon Progo yang populer dengan airnya yang jernih, berwarna biru kehijauan, suasananya yang adem ditambah pula beberapa spot swafoto yang menarik. Untuk berkunjung ke air terjun yang lokasinya sekitar 300 meter dari parkiran, berikut tips-tips yang perlu anda ikuti :

  • Hindari musim hujan

Tips pertama ketika liburan ke air terjun adalah jangan datang saat musim hujan. Musim ini punya risiko berbahaya jauh lebih tinggi dibandingkan saat musim panas, jadi cari waktu berkunjung yang pas.

  • Selalu jaga kebersihan

Sekeliling area ini menyuguhkan panorama alam yang ciamik, sayang jika dirusak karena ulah manusia yang tak cinta lingkungan. Agar semua orang dapat menikmati pemandangan indah, jangan lupa tetap jaga kebersihan.

  • Bawa baju renang

Sempatkan mencoba sensasi berenang atau sekadar berendam, bawalah pakaian renang yang nyaman.

  • Siapkan perbekalan

Usai berenang paling enak beristirahat sambil menikmati perbekalan lezat, maka dari itu jangan lupa bawalah perbekalan yang cukup dan jaga kebersihan.

  • Coba wahana yang tersedia

Tak hanya wahana airnya saja, di sini wisatawan juga bisa menaiki wahana sepeda gantung yang melintasi air terjun dan sungai.

  • Abadikan momen

Tips terakhir saat liburan ke Air Terjun Kedung Pedut, siapkan kamera dan abadikan momen liburan seru anda di objek wisata kebanggaan warga Kulon Progo yang cantik dan elok ini, ya!

By Published On: Tuesday, 20 August 2024Views: 88

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!