Ketahui Sejarah, Harga Tiket Masuk dan Keistimewaan Gunung Api Purba Nglanggeran Sebelum Berkunjung ke sana!

Tidak hanya dikenal sebagai kota pelajar, wisata kuliner serta budayanya, Yogyakarta ternyata juga memiliki sebuah situs alam bersejarah, yaitu Gunung Api Purba Nglanggeran. Gunung yang berjarak sekitar 25 km dari pusat kota Yogyakarta, dan disebut sebagai salah satu atap tertinggi di provinsi D.I Yogyakarta ini sangat menarik untuk anda kunjungi.

Bagaimana Sejarah Gunung Api Purba Nglanggeran?

Sejarah gunung api purba nglanggeran, termasuk dalam jajaran destinasi wisata legendaris yang berada di Kabupaten Gunungkidul. Puncak gunung ini diberi nama Gunung Gede, dan kerap menjadi tujuan para wisatawan untuk menikmati matahari terbit. 

Gunung api purba ini diperkirakan berusia 60-70 juta tahun lalu. Sehingga sejarahnya berkaitan erat dengan cerita-cerita mistis. Konon nama Nglanggeran berasal dari kata Ngelanggar yang berarti melanggar. Kata tersebut berawal dari dalang yang murka kepada penduduk sekitar.

Sekitar ratusan tahun yang lalu, penduduk gunung merayakan pesta syukur atas hasil panen. Alhasil, warga mengundang dalang untuk mengadakan pertunjukan seni wayang. 

Tapi, karena sesuatu hal para penduduk malah merusak wayang-wayang tersebut, dan menyebabkan dalang marah, lalu mengutuk warga menjadi wayang. Kemudian dibuangnya ke gunung itu. Hingga detik ini, masyarakat yang tinggal disana percaya bahwa gunung api purba dijaga oleh tokoh pewayangan, yakni Punakawan bernama Kyai Ongko Wijoyo.

Sejarah gunung api purba ini juga dapat dijelaskan secara ilmiah. Ia muncul pada jutaan tahun lalu dan menjadi gunung aktif. Karena adanya aktivitas, proses geologi menjadikannya tidak aktif lagi atau mati. Sehingga kini dikelola oleh masyarakat menjadi obyek wisata populer yang tidak pernah sepi pengunjung.

Lokasi Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran terletak di Nglanggeran, Kapanewon, Gunungkidul, D.I Yogyakarta. Memiliki akses jalan yang mudah ditempuh baik menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Bahkan, pengunjung hanya memerlukan waktu kurang lebih 1 sampai 1,5 jam untuk melakukan pendakian.

Wisata alam ini buka setiap hari Senin-Minggu selama 24 jam. Berikut rincian harga tiket masuknya:

  1. Kunjungan siang wisatawan lokal adalah Rp15.000, dan untuk wisatawan mancanegara sebesar Rp30.000
  2. Sedangkan untuk kunjungan malam wisatawan lokal adalah Rp20.000, dan wisatawan mancanegara Rp30.000

Keistimewaan Gunung Api Purba Nglanggeran

Selain menarik dari sisi sejarahnya, gunung api purba ini juga menyimpan banyak keistimewaan yang tidak kalah menakjubkan jika dibandingkan dengan gunung-gunung di Indonesia, antara lain:

  1. Susunan bebatuan yang unik dan kokoh

Bila diamati dengan detail, susunan atau bentuk gunung api purba ini tidak sekadar gundukan tanah, tapi terdiri dari batuan-batuan hasil endapan lava vulkanik yang telah mengeras. Secara tidak langsung kondisi inilah yang membuatnya memiliki tekstur unik dan berbeda dengan gunung yang lain.

  1. Memiliki panorama indah dengan daya tarik tersendiri

Keindahan gunung api purba ini tidak hanya bisa dinikmati saat siang hari, namun juga saat malam hari. Di siang hari, para pengunjung dimanjakan dengan hamparan hijau dan udara segar khas pegunungan. Sementara di malam harinya, para pengunjung bisa melihat kerlap-kerlip kota Yogyakarta dari puncak, serta nge-camp karena gunung api purba ini sudah menyediakan area camping ground.

Nah, itu tadi informasi mengenai gunung api purba yang ada di Yogyakarta, mulai sejarah, lokasi, harga tiket masuk hingga keistimewaan yang dimilikinya. Pastikan ketika anda berkunjung ke Yogyakarta jangan lupa untuk singgah di Gunung Api Purba Nglanggeran.

By Published On: Wednesday, 7 August 2024Views: 86

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!