Berburu Oleh-Oleh Batik Di Sentra Batik Wijirejo Bantul

Jika Anda penggemar batik, Sentra Batik Wijirejo Bantul adalah kawasan yang harus Anda kunjungi saat berada di Bantul. Terletak di Desa Wijirejo, sentra batik ini berupa pemukiman penduduk yang sebagian besar penduduknya bekerja sebagai pengrajin batik. Terdapat puluhan rumah produksi batik di Desa Wijirejo Bantul ini.

Beberapa rumah produksi yang dikenal luas adalah Batik Dirjo, Batik Topo, Batik Nining, Batik Bu Menik, dan Batik Tugiran. Namun, rumah produksi lainnya tidak kalah dalam memproduksi batik yang cantik dan berkualitas. Sejumlah pengrajin batik di Sentra Batik Wijirejo pun tersebar di beberapa pedukuhan, yaitu Bergan, Ngeblak, Pedak, dan Pijenan Kauman.

Beragam batik bisa Anda dapatkan di sentra batik ini, mulai dari batik tulis, batik cap, serta kombinasi batik tulis dan cap. Harga batik yang dijual pun beragam, mulai dari. Rp. 150.000 bahkan hingga jutaan rupiah. Harga batik di sini umumnya ditentukan oleh jenis kain yang digunakan, jumlah warna, serta corak batiknya.

Biasanya, semakin banyak warna yang digunakan akan semakin mahal harganya. Selain itu, batik sutera tentunya juga berharga lebih mahal dibandingkan dengan batik yang dibuat dengan kain biasa. Harga batik juga lebih mahal jika corak batik lebih rumit. Produk batik yang dijual di Sentra Batik Wijirejo dapat berupa lembaran kain batik dan pakaian jadi.

Seperti atasan batik, dress batik, dan lain sebagainya. Batik yang diproduksi oleh pengrajin batik di sentra Wijirejo banyak digunakan untuk seragam oleh instansi pemerintah dan juga swasta. Selain dijual di pasar lokal dan nasional, batik dari Sentra Batik Wijirejo Bantul juga sudah diekspor ke luar negeri, termasuk Jepang. Jadi, Anda tidak perlu meragukan kualitas batik di sini.

Walaupun terdapat batik tulis, Sentra Batik Wijirejo lebih banyak memproduksi batik cap. Dan motif batik yang digunakan oleh pengrajin batik di sini pun merupakan motif batik khas Kraton Yogyakarta yang sudah dikembangkan dan dimodifikasi. Beragam motif batik yang sudah dikembangkan termasuk motif taru polo, alas-alasan, krembyah, dan kembang kenanga.

Selain berbelanja oleh-oleh batik khas Bantul, ada kegiatan menarik lainnya yang bisa Anda lakukan di Sentra Batik Wijirejo, yaitu melihat dari dekat proses pembuatan batik. Anda dapat masuk ke area produksi dan menyaksikan para pengrajin batik membuat produk batik. Beberapa rumah produksi bahkan mengizinkan wisatawan mencoba membatik.

Sehingga, berkunjung ke sentra batik ini akan membuat liburan Anda menjadi lebih menyenangkan dan tak terlupakan dengan pengalaman menarik yang didapatkan. Sentra Batik Wijirejo masih kental dengan suasana pedesaannya yang asri. Anda pun dapat menyegarkan tubuh dan pikiran dengan menikmati pemandangan dan suasana di sini.

Jika sudah selesai berbelanja dan belajar membatik di Sentra Batik Wijirejo, Anda dapat berkunjung ke tempat wisata lain di dekatnya. Misalnya, sentra ikan hias di Dusun Kadisoro. Beragam ikan hias dapat Anda temukan di sini, seperti ikan koi, ikan cupang, dan ikan beta. Jika ingin mengunjungi situs bersejarah, ada makam Prabu Brawijaya yang merupakan cicit dari Raja Majapahit di Kapanewon Pendak.

Batik merupakan salah satu budaya Indonesia yang harus kita banggakan dan lestarikan. Salah satu caranya adalah dengan mendukung produksi batik dengan mengunjungi Sentra Batik Wijirejo. Saat Anda berkunjung ke Yogyakarta, terutama daerah Bantul, jangan lupa untuk berkunjung pula ke Sentra Batik Wijirejo Bantul.

By Published On: Tuesday, 22 October 2024Views: 22

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!