Menyusuri Keindahan Goa Putri Kencono: Destinasi Wisata di Kota Wonogiri yang Penuh Misteri

Goa Putri Kencono merupakan salah satu destinasi wisata alam di Kota Wonogiri yang yakini sebagai tempat mandi Putri Kencana Wungu. Beliau adalah salah satu anak dari Raja Brawijaya V yang merupakan pemimpin perempuan terakhir di Kerajaan Majapahit. Konon, Goa Putri Kencono ini sempat dijadikan sebagai tempat pelarian sang putri. Tak heran kalau destinasi wisata ini sarat akan sejarah dan juga misteri. Oleh karena itu, tidak jarang tempat wisata ini dijadikan sebagai lokasi wisata edukasi untuk anak-anak sekolah ataupun mahasiswa.

Lokasi wisata ini berada di Dusun Wonosobo, Desa Wonodadi, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Untuk bisa sampai ke lokasi wisata, wisatawan harus menempuh jarak kurang lebih 40 kilometer dari pusat Kota Wonogiri. Kemudian untuk akses jalannya sendiri sudah cukup baik dan bisa dilalui oleh motor ataupun mobil. 

Daya Tarik Goa Putri Kencono

Berikut ini adalah beberapa daya tarik yang ada di Goa Putri Kencono, diantaranya yaitu:

  1. Pesona Alamnya yang Indah

Keindahan Goa Putri Kencono sukses membuat wisatawan takjub karena di setiap gugusan stalaktit dan juga stalakmit di dalam goa terbentuk secara alami. Panjang goanya sendiri mencapai 120 meter dengan lebar 4 meter dan terdiri dari 7 lorong yang dapat Anda susuri. Setiap ruangan atau lorong yang ada di goa ini mempunyai keindahannya masing-masing.

Tak hanya itu saja, tujuh lorong tersebut juga mempunyai fungsi yang berbeda. Contohnya, di bagian depan biasanya disebut sebagai ruang tamu, lalu ada juga ruang kebudayaan yang mempunyai fungsi sebagai tempat melakukan berbagai aktivitas mistik oleh sang putri pada zaman dulu. Kemudian ada juga ruang perpustakaan yang biasa digunakan oleh sang putri untuk bersantai dan bercengkrama dengan keluarga.

Selain itu, ada juga ruangan yang bernama ruang jumenengan yang difungsikan sebagai tempat semedi. Lalu ada juga ruang kelima yang disebut sebagai ruang sarasehan, berfungsi untuk tempat rapat. Sedangkan ruangan keenam disebut sebagai ruang panyuwungan yang dipakai sebagai tempat ritual. Kemudian ruangan yang terakhir digunakan sebagai ruang keluarga.

  1. Digunakan Sebagai Tempat Wisata Edukasi

Selain dijadikan sebagai tujuan wisata alam yang mempunyai keindahan, Goa Putri Kencono juga bisa dijadikan sebagai tempat wisata edukasi untuk para peneliti ataupun mahasiswa yang ingin melakukan penelitian di bidang geologi. Sebab, destinasi wisata di Kota Wonogiri ini terbentuk secara alami sejak puluhan hingga ratusan tahun lalu. Sehingga sangat bagus jika dijadikan sebagai objek penelitian mengenai batuan karst.

Apabila Anda berkunjung ke Goa Putri Kencono dengan niat ingin melakukan penelitian, lebih baik langsung bertanya kepada petugas yang berjaga.

  1. Terdapat Banyak Spot Foto

Bagi Anda yang suka fotografi dengan tema alam yang unik, maka Goa Putri Kencono adalah destinasi terbaik yang wajib dikunjungi. Sebab, di tempat wisata ini Anda akan menemukan banyak spot foto anti mainstream dengan latar goa yang dihiasi oleh stalaktit dan stalakmit yang sangat cantik. Pesona alam tersebut akan terlihat sangat eksotis jika dijadikan sebagai latar ketika berfoto.

Goa Putri Kencono ini bisa dijadikan sebagai tujuan wisata keluarga murah meriah saat berada di Kota Wonogiri karena harga tiket masuknya hanya Rp5.000 per orangnya. Untuk fasilitasnya sendiri sudah cukup lengkap, mulai dari area parkir, toilet, warung makan hingga mushola. Jadi wisatawan tidak perlu khawatir jika berkunjung bersama anak-anak dan juga keluarga.

By Published On: Wednesday, 26 June 2024Views: 89

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!