Melalui olahraga, cara baru untuk gaet wisatawan

Bantul, 21 Oktober 2023—Badan Otorita Borobudur (BOB) kembali menggelar event tahunan BOB Sunset Run. Kali ini, salah satu event sport tourism atau wisata olahraga terbesar di pantai selatan tersebut akan berlangsung di The Muara Kawasan Pantai Baros, pada hari Sabtu 21 Oktober 2023. Dengan digelarnya event ini harapannya melalui olahraga kita dapat menggaet wisatawan untuk berkunjung.

Direktur Utama BOB, Agustin Peranginangin menjelaskan BOB Sunset Run yang mengusung konsep fun run ini menyediakan dua kategori bagi para peserta, yakni 5K dan 10K. “Dengan rute melewati pasir pantai di waktu sore. Kita berlari ditemani Matahari senja, sambil olahraga wisatawan dapat menikmati sunset disini” ujarnya,

Sekaligus menyambut Hari Ekonomi Kreatif Nasional pada 24 Oktober, BOB Sunset Run menggelar best costum challenge. “Di event lari ini peserta bisa menggunakan kostum sekreatif mungkin, dan itu ada challenge-nya, berhadiah,” katanya.
Karena lokasi event yang berada di pinggir pantai dan di sore hari, digelar pula best photo challenge. Para peserta ditantang mencari spot foto semenarik mungkin. “Bisa mengambil atau capture momen saat berlari dengan pemandangan di sana,” ungkapnya.

Peserta yang terdaftar sebanyak 588 orang yang berasal dari 12 provinsi di Indonesia seperti Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, Riau, Sumatera Utara, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan dan DIY.

Diharapkan peserta dapat ikut serta mempromosikan destinasi wisata di wilayah Bantul. “Harapanya lebih dikenal destinasi wisata di sana. DIY menjadi salah satu kawasan wisata Borobudur, yang merupakan destinasi super-prioritas. Ini perlu dikembangkan dan ditingkatkan untuk kebangkitan wisata Indonesia
Kemudian, demi meningkatkan green tourism atau pariwisata yang ramah lingkungan, BOB Sunset Run akan mengundang beberapa komunitas yang fokus pada pengolahan sampah untuk memperlihatkan produk dari hasil daur ulang, yang memiliki nilai ekonomis.

karena lokasi dan rute yang dekat dengan pantai ini, diharapkan bagi para peserta dan juga wisatawan yang datang untuk selalu menjaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan demi meningkatkan Green Tourism. Di dalam kegiatan ini juga terdapat edukasi untuk pemilahan sampah dan pengolahan sampah menjadi sesuatu produk yang memiliki nilai ekonomi tinggi.
“Get Sweat and Save Our Earth”

By Published On: Saturday, 21 October 2023Views: 386

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!