Soto Karang (Kuliner Khas Karanganyar)

Karanganyar merupakan salah satu kabupaten yang terletak di lereng Gunung Lawu, Karanganyar tidak hanya memiliki keindahan alam yang mempesona melainkan juga aneka kuliner yang menggoda. Salah satunya Soto Karang khas Karanganyar. 

Kamu bisa mencoba menikmati kuliner yang satu ini di warung Raja Jawa, lokasinya tidak jauh dari alun-alun kota yaitu, di jalan Lawu, Cangakan. Sesampainya di sana perhatianmu akan tercuri pada tulisan nama menu yang di andalkan. 

Sekilas kamu akan mengira sajian ini adalah sop iga atau sop buntut karena tampilannya yang penuh dengan potongan iga. Sudah kebayang kan cita rasa soto yang berbeda?. Soto karang ini memiliki kemiripan dengan soto kwali yang dikombinasikan dengan rasa sop buntut. Unik bukan? Inilah yang membuatnya menjadi kuliner khas Karanganyar.

Selain keunikan tampilannya, kamu juga akan puas dan ketagihan setelah mencobanya. Soto ini berisi nasi, kentang goreng, kecambah, bawang goreng, irisan daun seledri dan juga potongan iga sapi berukuran besar. Meskipun potongan iga di sini besar, kamu gak perlu kuatir karena teksturnya sangat empuk loh. Tampilannya yang menyerupai karang di laut menjadi alasan kuliner ini disebut Soto Karang.

Tidak berhenti di situ, keistimewaan kuliner ini juga terletak pada citarasa dari kuah gurihnya yang bikin ketagihan. Perpaduan serai, bawang putih, daun bawang, lengkuas, dan jahenya benar-benar pas di lidah. Apalagi ditambah perasan jeruk nipis dan sambal yang gak kalah menggoda.

Di warung Raja Jawa ini ada menu lain yang bisa kamu nikmati seperti ayam bakar, bebek bakar, hingga pecel lele. Kamu tenang saja, harganya tetap terjangkau kok dan gak bikin tekor. Buat kamu yang sedang berada di Karanganyar atau berencana liburan ke sini jangan lupa mencoba kuliner khas yang satu ini ya!.

By Published On: Thursday, 13 July 2023Views: 206

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!