Gong Gallery Banjarnegara, Ide Rekreasi Menyenangkan Penuh Ilmu

Banjarnegara merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang berdekatan dengan Pekalongan, Wonosobo, Batang, Kebumen, Purbalingga, dan Banyumas. Kabupaten ini terkenal akan objek wisata alam, olahan buah-buahan, serta pusat kerajinan seperti Gong Gallery Banjarnegara. Ketika berkunjung ke Kabupaten Banjarnegara jangan lupa sempatkan waktu untuk belajar di pusat kesenian ini.

Mengenal Gong Gallery

Gong Gallery adalah pusat kesenian yang bergerak di sektor kreatif inovatif dengan tujuan memberdayakan masyarakat sekitar. Berdiri sejak tahun 2017, galeri ini tetap mengusung konsep seni tradisional di tengah gempuran seni modern, dan mengajak masyarakat untuk belajar mengolah limbah menjadi sesuatu yang punya nilai seni dan nilai jual.

Pusat seni budaya ini telah bekerja sama dengan sejumlah yayasan untuk kegiatan workshop, pemasaran daring, seni rupa, hingga pengembangan bahasa.

Aktivitas di Gong Gallery

Sebagai lokasi pemberdayaan masyarakat, apa saja aktivitas yang ditawarkan oleh Gong Gallery kepada peserta?

1. Belajar seni rupa

Seni rupa menjadi fokus utama dari dibangunnya Gong Gallery ini. Di sini, peserta bisa belajar berbagai keilmuan dalam bidang seni rupa, mulai dari melukis, kerajinan tangan, menggambar, membuat tas goni, pyrography, sampai dekorasi.

2. Workshop

Gong Gallery menawarkan kerja sama workshop dengan berbagai yayasan untuk mengajak masyarakat turut melestarikan seni tradisional yang kini mulai tergerus oleh zaman.

3. Belajar foto dan videografi

Selain olah kerajinan, anda juga bisa sekalian menggali ilmu mengenai dunia videografi dan fotografi yang sekarang harus dimiliki semua orang.

4. Mencoba teknik pyrography

Pyrography adalah teknik melukis dan menggambar dengan cara dibakar pada permukaan kayu yang jarang dijumpai di Indonesia, namun anda dapat mempelajarinya langsung di Gong Gallery ini.

5. Belanja cinderamata

Setelah puas belajar beberapa keterampilan, Anda dapat menutup kunjungan dengan memborong beberapa produk unggulan dari Gong Gallery untuk sanak saudara. Di sini menawarkan banyak sekali cinderamata, misalnya tas karung goni, gelas lukis bakar, gelas karakter bambu, dan lainnya.

Kenapa Harus Berkunjung ke Sini?

Kabupaten Banjarnegara memang punya puluhan tempat wisata menarik yang tak boleh dilewatkan, seperti ke Gong Gallery ini. Lantas, mengapa sih anda harus setidaknya sekali berkunjung ke tempat ini?

  • Rekreasi bermanfaat

Selain mencari hiburan, anda akan mendapat banyak sekali manfaat ketika berkunjung ke sini tepatnya dalam menambah wawasan seputar bidang kesenian yang mungkin jarang orang ketahui.

  • Perluas relasi

Galeri yang kerap dijadikan lokasi workshop ini membuka peluang besar untuk anda menambah relasi dari berbagai latar belakang. Belajar seni sambil dapat teman baru adalah cara berlibur yang penuh kebaikan bagi diri sendiri.

  • Dukung usaha lokal

Dengan berkunjung, mengikuti kelas, sampai berbelanja aneka cinderamata yang ditawarkan menandakan Anda telah mendukung penuh usaha lokal agar tetap hidup dan mampu bersaing dengan produk-produk asal mancanegara.

  • Ramah di kantong

Liburan tak melulu harus mengeluarkan dana besar, dan hal ini bisa tercapai jika Anda memilih Gong Gallery sebab pusat seni ini menawarkan aktivitas rekreatif dan edukatif dengan harga terjangkau oleh semua kalangan.

Kesimpulan

Gong Gallery Banjarnegara adalah salah satu pusat kesenian yang menawarkan aneka kegiatan asyik, mulai dari belajar seni rupa, fotografi, videografi, pytography, pemasaran daring yang dapat bermanfaat di masa kini. Selain rekreasi, anda pun berkesempatan menambah relasi dan jejaring pertemanan profesional sembari berbelanja produk lokal yang ditawarkan galeri ini. Tertarik berkunjung?

By Published On: Sabtu, 28 September 2024Views: 25

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!