Warung Makan Jadoel, Kuliner Legendaris Temanggung

Dikatakan legend karena warung ini telah beroperasi sejak tahun 1800-an, yah sekitar 200 tahunan lah. Keberadaannya juga menjadi salah satu saksi bisu perjalanan Kota Temanggung. Bangunan yang tidak terlalu besar ini ternyata menyimpan sejarah yang sangat besar loh. Tempat ini juga telah memperoleh penghargaan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Temanggung akan dedikasinya pada kebudayaan sebagai pelaku Kuliner.

Lokasinya ada di Jl. Jendral Sudirman No. 102, Jampirejo Tengah, Jampirejo, Kecamatan Temanggung, Temanggung. Buat kamu yang berencana atau sedang plesiran ke Wisata Alam Posong dan Embung Kledung, bisa sempatkan mampir ke sini ya!. Ada banyak menu andalan dan minuman seduhan yang khas. 

Tahukah kamu, Waroeng Makan Jadoel yang didirikan oleh Dulah Rujiani ini sudah diteruskan oleh generasi ketiga loh. Pengelolaan warung telah diturunkan kepada anak perempuannya Siti Sukastiyah, dan kini dikelola oleh Yulianto Murtono. Meskipun sudah berpindah-pindah tangan akan tetapi soal resep dan cita rasanya tidak berubah kok, inilah yang membuatnya tetap ramai pengunjung meskipun sudah banyak warung makan lain bermunculan.

Sajian makanan dan jajanan di sini ala rumahan yang sederhana dan tanpa penyedap rasa loh, sederhana di tampilan tapi tidak di cita rasanya ya. Beberapa menu andalannya ada Tempe/ Tahu Bacem, Tongkol Lombok Ijo, Sop, Sayur Gori (Nangka Muda), Opor Ayam Kampung, Empis-empis Lombok Ijo, dan Brongkos. 

Selain makanan berat, buat kamu yang cuma pengen nongrong saja juga ada aneka jajanan tradisional rumahan yang bakal mengingatkanmu pada masa-masa kecil dulu. Ada pisang godok, ketan jali, onde-onde, lento, entho cothot dan klepon. Minuman seduhannya ada teh gulo aren dan teh tambi, jadi ga cuma kenyang di perut tapi juga kenyang di ingatan ya hihihi. Untuk harga cukup terjangkau kok, jajanan hanya mulai dari Rp. 1.000-an aja, sementara menu berat harganya mulai dari Rp. 5.000 per porsi. Mereka beroperasi selama 24 jam. 

By Published On: Senin, 24 Juli 2023Views: 5134

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!