Tahu Pojok Magelang

Melancong ke Kota Magelang jangan lupa untuk jajan Kupat Tahu. Jajanan yang akhir-akhir ini menjamur di Magelang perlu kamu cobain nih. Banyak tersedia di pusat-pusat kota seperti sekitaran alun-alun dan jalan protokol. Salah satu tempat yang dapat kamu kunjungi adalah Tahu Pojok Magelang.

Berlokasi di Jl. Tentara Pelajar No.14, Kota Magelang, Jawa Tengah. Jika kamu melancong dari Semarang, kamu perlu menempuh sekitar 30 meter sebelum alun-alun Magelang. Kamu akan melihat deretan ruko sederhana dengan keramahan pelayannya yang akan memenuhi rasa penasaranmu terhadap kuliner khas Jawa yang satu ini.

Saat kamu melangkahkan kaki masuk ke kedai, perhatianmu akan tersita ke dinding yang penuh dengan foto berpigura. Foto-foto tersebut menampilkan sosok artis, jenderal, pejabat, hingga presiden yang pernah makan di kedai tersebut.

Kedai yang satu ini sudah berdiri sejak 1942, dengan resep tradisional yang diwariskan oleh buyutnya. Para jenderal dan artis yang pernah menikmati kupat tahu ini pun juga turut mewariskan kabar kelezatan yang mereka rasakan. Jadi ga heran ya kalau kios ini menjadi salah satu yang paling ramai, apalagi pada jam makan siang dan malam.

Para pembeli rela loh antri untuk bisa menikmati kelezatan kupat tahu di sini, wangi bumbu kacang bercampur tauge akan tercium semerbak. dari segi tampilannya kuliner ini mirip dengan tahu gimbal khas Semarang, tapi bedanya Kupat Tahu ini tidak menggunakan gimbal atau bakwan udang.

Potongan kupat dan tahu yang dipadu dengan sayuran kol, tauge, dan seledri, kemudian diguyur kuah kacang hangat yang cair ini sangat menggugah selera bukan?. Tahukah kamu bahwa di Magelang sendiri memiliki dua macam bumbu kacang, ada yang halus dan ada yang digiling kasar. Untuk Kedai Tahu Pojok Magelang ini, mereka menggunakan bumbu yang digiling halus sehingga mengalir ketika dilumat.

Soal rasa, kuliner ini memiliki cita rasa yang dominan manis, ya sesuai dengan karakter masakan Magelang dan Jogja ya. Tapi di kedai ini, jika orang Jakarta yang datang biasanya mereka membuatnya lebih asin atau pedas. Tahu yang digunakan juga tahu putih khusus yang lembut dan tidak asam. Untuk menikmati satu porsi Kupat Tahu ini kamu hanya perlu merogoh kocek Rp. 12.000,- aja loh.

Tidak hanya makanannya nih, kamu juga bisa memesan minuman tradisional seperti sekoteng, jahe, ronde, dan masih banyak lagi di sini. Jadi jangan lewatkan untuk mampir ya jika kamu berkunjung ke Magelang.

By Published On: Jumat, 2 Juni 2023Views: 2442

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!