UCI mengeluarkan lisensi balap untuk pengendara dan menegakkan aturan disipliner, seperti dalam masalah doping . UCI juga mengelola klasifikasi balapan dan sistem pemeringkatan poin dalam berbagai cabang olahraga sepeda termasuk sepeda jalan raya dan lintasan , sepeda gunung dan BMX , untuk pria dan wanita, amatir dan profesional. Itu juga mengawasi Kejuaraan Dunia. Setelah Invasi Rusia ke Ukraina tahun 2022 , UCI mengatakan bahwa tim Rusia dan Belarusia dilarang berkompetisi di ajang internasional. Itu juga mencabut Rusia dan Belarusia dari acara yang dijadwalkan.

UCI didirikan pada tahun 1900 di Paris oleh organisasi olahraga bersepeda nasional Belgia, Amerika Serikat, Prancis, Italia, dan Swiss. Itu menggantikan Asosiasi Bersepeda Internasional (ICA) dengan mengatur oposisi berturut-turut tentang apakah Inggris Raya harus diizinkan hanya satu tim di kejuaraan dunia atau tim terpisah yang mewakili Inggris, Irlandia, Skotlandia dan Wales. Inggris mendapati dirinya terkepung dan tidak dapat bergabung dengan UCI – di bawah persyaratan yang diberlakukan UCI – sampai tahun 1903.

Awalnya ada 30 negara yang berafiliasi dengan serikat pekerja. Mereka tidak memiliki hak suara yang sama dan beberapa tidak memiliki suara sama sekali. Suara didistribusikan berdasarkan jumlah trek, atau velodrome , yang diklaim masing-masing negara. Prancis memiliki 18 suara, jumlah tertinggi, dan Jerman dan Italia masing-masing 14. Inggris memiliki delapan, angka yang menurut penulis Bill Mills diperoleh “dengan memasukkan banyak jalur rumput yang agak diragukan.”

Pada tahun 1965, di bawah tekanan IOC ( Olimpiade saat itu merupakan acara amatir), UCI membentuk dua badan anak perusahaan, Federasi Bersepeda Amatir Internasional (Fédération Internationale Amateur de Cyclisme atau FIAC) dan Federasi Bersepeda Profesional Internasional (Fédération Internationale de Cyclisme). Cyclisme Professionnel atau FICP). UCI berperan mengoordinasikan kedua badan tersebut.

FIAC berbasis di Roma , FICP di Luksemburg, dan UCI di Jenewa.
FIAC lebih besar dari kedua organisasi tersebut, dengan 127 anggota federasi di lima benua. Itu didominasi oleh negara-negara Blok Timur yang amatir. FIAC mengatur perwakilan bersepeda di Pertandingan Olimpiade , dan pengendara sepeda FIAC berkompetisi melawan anggota FICP hanya pada kesempatan langka. Pada tahun 1992, UCI menyatukan kembali FIAC dan FICP, dan menggabungkannya kembali ke dalam UCI. Organisasi gabungan tersebut kemudian dipindahkan ke Aigle, dekat dengan IOC di Lausanne.

Pada tahun 2004, UCI membangun velodrome sepanjang 200 meter di Pusat Bersepeda Dunia baru yang bersebelahan dengan kantor pusatnya.

Pada bulan September 2007, UCI mengumumkan bahwa mereka telah memutuskan untuk memberikan status ProTour untuk pertama kalinya pada acara di luar Eropa; Tour Down Under di Adelaide, Australia. Pengumuman tersebut menyusul negosiasi antara Presiden UCI Pat McQuaid dan Perdana Menteri Australia Selatan Mike Rann .

Pada tahun 2013 Tracey Gaudry menjadi wanita pertama yang ditunjuk sebagai wakil presiden UCI.

Setelah Invasi Rusia ke Ukraina tahun 2022 , UCI mengatakan bahwa tim Rusia dan Belarusia dilarang berkompetisi di ajang internasional. Itu juga mencabut Rusia dan Belarusia dari acara yang dijadwalkan.

UCI menyelenggarakan kejuaraan dunia bersepeda, yang penyelenggaraannya diberikan kepada negara-negara anggota. Kejuaraan pertama ada di jalan dan di trek. Mereka awalnya dialokasikan ke negara-negara anggota secara bergiliran, dengan syarat negara tersebut dianggap kompeten dan dapat menjamin penjualan tiket. Suatu negara yang diberi kejuaraan atau serangkaian kejuaraan diharuskan membayar UCI 30 persen dari penerimaan tiket dari trek dan 10 persen dari jalan raya. Dari jumlah tersebut, UCI menyimpan 30 persen dan memberikan sisanya kepada negara-negara pesaing sebanding dengan jumlah acara yang dipertandingkan. Uang gerbang tertinggi di era sebelum perang ini adalah 600.000 franc di Paris pada tahun 1903.

Awalnya ada lima kejuaraan: sprint amatir dan profesional, balap jalanan amatir dan profesional, dan balap motor profesional . Perlombaan jalan secara tradisional merupakan awal massal tetapi tidak harus seperti itu: Inggris menyelenggarakan kejuaraan jalannya sebelum perang sebagai uji waktu, Persatuan Pengendara Sepeda Nasional percaya bahwa yang terbaik adalah menjalankan balapan melawan waktu, dan tanpa publisitas sebelum memulai, untuk menghindari perhatian polisi. Penyelenggara Eropa Kontinental umumnya lebih suka balapan massal di sirkuit, berpagar di sepanjang atau di sepanjang garis finis untuk mengenakan biaya masuk.

Rekor asli ada di trek: tanpa kecepatan, kecepatan manusia, dan kecepatan mekanis. Mereka dipromosikan untuk tiga kelas sepeda: solo, tandem, dan mesin yang tidak biasa seperti yang sekarang dikenal sebagai telentang, di mana pengendara berbaring horizontal. Jarak adalah imperial dan metrik, dari 440 yard dan 500 meter hingga 24 jam. UCI melarang telentang dalam kompetisi dan upaya rekor pada 1 April 1934. Perubahan selanjutnya termasuk pembatasan posisi berkendara seperti yang mempengaruhi Graeme Obree pada 1990-an dan pelarangan pada 2000 dari semua frame yang tidak memiliki tabung kursi.

Balap jalanan
Pria
Selain menyelenggarakan Kejuaraan Dunia Jalan Raya sejak 1921, dari tahun 1989 hingga 2004, UCI mengelola Piala Dunia Jalan Raya UCI , kompetisi sepanjang musim yang menggabungkan semua balapan jalan raya profesional satu hari utama. Pada tahun 2005 ini digantikan oleh seri UCI ProTour yang awalnya mencakup balapan panggung bersepeda jalan raya Grand Tour ( Tour de France , Giro d’Italia dan Vuelta a España ) dan rangkaian balapan satu hari dan panggung lainnya yang lebih luas. Namun, tiga balapan Grand Tour menarik diri dari seri tersebut, dan pada Juli 2008 semua tim profesional utama mengancam akan keluar dari seri tersebut, membuat masa depannya diragukan. ProTour diganti sebagai sistem peringkat pada tahun berikutnya oleh Peringkat Dunia UCI , yang menambahkan tiga Tur Besar , dua balapan tahap awal musim, dan lima balapan klasik satu hari lagi ke 14 acara ProTour yang tersisa.

Untuk memperluas partisipasi dan popularitas balap sepeda jalan raya profesional di seluruh dunia, UCI mengembangkan serangkaian balapan yang secara kolektif dikenal sebagai UCI Continental Circuits untuk setiap wilayah di dunia.

Wanita
Tim tingkat tertinggi dalam bersepeda jalan raya wanita adalah Tim Wanita UCI .

UCI telah mendukung kompetisi tingkat elit untuk wanita sejak 1959 termasuk penobatan Juara Bersepeda Dunia Wanita ( Road Race ) dan mulai tahun 1994, menghormati Juara Uji Waktu Dunia Wanita di acara uji waktu wanita . Sejak 2012 tim Wanita UCI bersaing di Kejuaraan Dunia dalam acara time trial beregu wanita Sejak 1998, Piala Dunia Jalan Wanita UCI telah berfungsi sebagai kompetisi sepanjang musim dari acara balapan satu hari dan panggung tingkat elit.

Lacak bersepeda
Kejuaraan Dunia Bersepeda Lintasan UCI untuk pria dan wanita menawarkan kejuaraan individu dan tim di beberapa disiplin balap sepeda . Piala Dunia Bersepeda Lintasan UCI berfungsi sebagai kompetisi tingkat elit sepanjang musim.

Jalur Para-bersepeda
Kejuaraan Dunia Lintasan Para-bersepeda UCI untuk pria dan wanita menawarkan kejuaraan individu dan tim di beberapa disiplin balap sepeda .

Cyclo-cross
Setiap acara yang disponsori UCI dimasukkan ke dalam kompetisi sepanjang musim yang dikenal sebagai Piala Dunia Cyclo-cross UCI . Selain itu, serangkaian acara satu hari diadakan setiap tahun untuk menentukan Juara Dunia Cyclo-cross di Kejuaraan Dunia Cyclo-cross UCI .

Balap sepeda gunung
Dalam balap sepeda gunung , UCI Mountain Bike & Trials World Championships merupakan kompetisi terpenting dan bergengsi setiap tahunnya. Ini termasuk disiplin lintas alam dan menurun . Selain itu, acara ini terdiri dari acara kejuaraan dunia untuk uji coba sepeda . Pada tahun 2012 kejuaraan dunia eliminator lintas negara pertama diadakan di Saalfelden.

Piala Dunia Sepeda Gunung UCI adalah serangkaian balapan yang diadakan setiap tahun sejak 1991.
Pada Kejuaraan Dunia 2011 diadakan di Champéry, Swiss, UCI mengumumkan kesepakatan sponsor baru yang kontroversial dengan Jaringan RockyRoads yang sebelumnya tidak pernah terdengar.

balap BMX
Kompetisi sepanjang musim ini dikenal sebagai Piala Dunia Supercross UCI BMX dan Kejuaraan Dunia BMX UCI berfungsi sebagai kejuaraan dunia satu hari untuk balap sepeda BMX (sepeda motorcross).

Percobaan
Berbeda dengan cabang olahraga sepeda lainnya, trial merupakan cabang olahraga yang faktor utamanya adalah kestabilan dan pengendalian sepeda dalam situasi ekstrim dimana kecepatan juga berperan penting.

Kejuaraan Dunia Uji Coba UCI pertama berlangsung pada tahun 1986. Empat belas tahun kemudian, pada tahun 2000, Piala Dunia Uji Coba UCI memulai debutnya. Gelar Juara Dunia terbanyak diraih oleh pembalap dari Belgia, Prancis, Jerman, Spanyol, dan Swiss. UCI Trials World Youth Games adalah acara internasional paling penting untuk anak laki-laki dan perempuan di bawah 16 tahun, edisi pertama diadakan pada tahun 2000.

Bersepeda dalam ruangan
UCI mensponsori kejuaraan dunia untuk bersepeda artistik dan bola sepeda pada acara tahunan yang dikenal sebagai Kejuaraan Dunia Bersepeda Dalam Ruangan UCI .

Sumber Artikel : https://en-m-wikipedia-org.translate.goog/wiki/Union_Cycliste_Internationale?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc

By Published On: Selasa, 2 Mei 2023Views: 976

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!