Sentra Kerajinan Sabut Kelapa Akas Kebumen

Salah satu Usaha Kerajinan yang ada di Kebumen satu ini sangat menarik untuk kita bahas. Nama usahanya adalah AKAS, Merupakan kepanjangan dari Aneka Kerajinan Anyaman Sabut Kelapa. Awalnya diremehkan bahkan ditertawakan karena bahan utama yang digunakan untuk melakukan produksi berasal dari sabut kelapa, namun kenyataannya kini usaha ini bisa menghasilkan omset yang tidak sedikit bahkan telah dikenal luas di mancanegara seperti China, Hongkong, Jepang, Korea, dan Australia. LKP Akas pernah diliput oleh salah satu stasiun Tv nasional sebagai pengisi dalam beberapa acara yang membahas tentang produk kerajinan sabut kelapa. 

Hal ini karena memang serat sabut kelapa atau bisa disebut (cocofiber) merupakan komoditas ekspor Indonesia yang bernilai cukup tinggi, sekitar 90% serat sabut kelapa di ekspor ke China dengan permintaan kurang lebih 2.000 ton per hari. Tidak hanya China, negara tujuan ekspor lainnya adalah Jepang, Korea Selatan, Australia, dan sebagian dari Eropa yaitu Inggris dan Belgia. Meningkatnya konsumen terhadap serat sabut kelapa ini bukanlah tanpa sebab, melainkan karena kian meningkatnya kesadaran akan penggunaan bahan baku yang ramah lingkungan.

Aneka Kerajinan Anyaman Sabut Kelapa Akas telah berhasil mendatangkan keuntungan yang besar dengan produk-produk kerajinan yang telah dibuatnya. Seperti Topi, Tali Tambang, Pot, Keset, Jok, Sapu Ijuk, dan masih banyak lagi. 

Buat kamu yang penasaran dengan produk-produk lainnya, kamu bisa datang langsung ke Sentra Kerajinan Sabut Kelapa Akas yang berlokasi di Wringin, Rantewringin, Buluspesantren, Kebumen Regency, Central Java 54391, Indonesia, Jawa Tengah.

By Published On: Senin, 23 Januari 2023Views: 1025

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!