Pernahkah kamu mendengar tentang perusahaan bernama Meanadallai?, Itu adalah perusahaan keramik pertama di Klampok dengan puluhan pekerja sejak tahun 1957-an. Namun saat ini kejayaan perusahaan tersebut hanya tinggal kenangan, akan tetapi perjuangan seorang pendiri Meandallai itu dalam mendidik masyarakat Klampok untuk membuat keramik telah berbuah manis. 

Sentra Kerajinan Keramik Klampok

Selain khas dengan dawet ayu, Banjarnegara juga khas dengan Kerajinan Keramik Klampok. Para pengrajinnya yang telah berusia 50-60 tahun  saat ini adalah para pegawai dari Keramik Meandallai, setelah keluar dari perusahaan tersebut mereka memulai usahanya sendiri hingga detik ini. Jika kamu sedang berada di Banjarnegara jangan lewatkan untuk berkunjung ke Sentra Kerajinan Keramik Klampok ya, disana ada banyak kerajinan keramik seperti Keramik Mustika, Keramik Usaha Karya, Serayu Art Keramik, Keramik Makmur, Sari Mulya Keramik, Keramik Kismo Adji, Keramik Teko Arto, Keramik Karya Mandiri, Khaisma Keramik, dan masih banyak lagi.

Sentra Keramik Klampok ini terletak di Desa Klampok, Kecamatan Purwareja, Klampok, Banjarnegara. Bagian barat Banjarnegara yang kurang lebih 30 Km berbatasan langsung dengan Purbalingga

Produk Keramik Klampok

  1. Poci Set
  2. Souvenir
  3. Keramik Hias

Wisata Sentra Keramik Klampok

Sentra Keramik Klampok juga sebenarnya memiliki potensi pariwisata loh, telah ada blogger yang beberapa kali melakukan kegiatan famtrip dengan berkunjung untuk melihat proses pembuatan dan perkembangan usaha keramik tersebut. Tidak hanya itu, bahkan biasanya anak sekolah dari SD dan SMP juga melakukan kunjungan untuk mempelajari proses pembuatan keramik cetak atau sekedar memberi warna pada keramik hias yang telah dibakar, hal ini tentu akan membantu melatih kreativitas anak-anak bukan?. IKM yang biasanya menjadi tempat edukasi pelajar tersebut adalah Keramik Mustika.

By Published On: Senin, 23 Januari 2023Views: 1705

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!