Mengulik Tempat Kerajinan Wayang Kulit Hadi Sukirno Leatherwork & Handicraft, Tempat Pengrajin Wayang Kulit Tertua di Yogyakarta

Wayang kulit adalah salah satu aset negara Indonesia terutama di daerah Jawa yang menjadi primadona utama dan benda yang paling banyak dijaga dan disimpan untuk kebutuhan budaya. Salah satu tempat kerajinan wayang tertua di Yogyakarta adalah sentra kerajinan wayang kulit Hadi Sukirno yang sangat populer dan terkenal di seluruh daerah di Yogyakarta dan sekitarnya.

Tempat pengrajin wayang kulit ini telah berdiri sejak tahun 1972 dan sudah membuka lima cabang di Yogyakarta dan salah satunya berada di Jalan Letjen S. Parman, Yogyakarta. Kisah awal berdirinya perusahaan ini bermula ketika Bapak Hadi Sukirno mendirikan lapak kecil yang ada di daerah plataran Malioboro untuk menjajakan wayang kulit miliknya hingga sebesar sekarang.

Tempat Kerajinan Wayang Kulit Hadi Sukirno Adalah Sebuah Tempat Wisata Menarik yang Harus Dikunjungi

Kisah di Balik Berdirinya Sentra Kerajinan Wayang Kulit Hadi Sukirno Leatherwork & Handicraft di Yogyakarta

Berdirinya sentra kerajinan wayang kulit Hadi Sukirno Leatherwork & Handicraft ini bermula ketika Bapak Hadi Sukirno masih menjajakan wayang kulit yang dia buat di pelataran di sekitar daerah Malioboro untuk ditawarkan kepada para pengunjung yang ingin membeli wayang kulit miliknya pada tahun 1972 dan masih berkembang hingga lima cabang sampai hari ini juga.

Tempat Kerajinan Wayang Kulit Hadi Sukirno Leatherwork & Handicraft Kini Dipegang Oleh Anak Bapak Hadi Sukirno

Seiring berjalannya waktu, dengan berkembangnya perusahaan yang diurus oleh Bapak Hadi Sukirno banyak sekali cabang yang dibuka di Yogyakarta hingga lima buah dan kini dipegang oleh anak dari Bapak Hadi Sukirno yaitu Bapak Arif Bimo. Tempat ini memberikan wisata edukasi yang menyenangkan bagi para wisatawan dari domestik maupun mancanegara yang bebas.

Tidak Hanya Wayang, Hadi Sukirno Leatherwork & Handicraft Menyediakan Suvenir Lain Untuk Para Pelanggan

Meski tempat kerajinan wayang kulit Hadi Sukirno Leatherwork & Handicraft awalnya dikenal sebagai tempat pembuatan wayang kulit, seiring berjalannya waktu tempat ini juga menyediakan gamelan, lukisan, hingga suvenir yang biasa digunakan untuk oleh-oleh bagi para wisatawan dari luar maupun dalam untuk dibawa ke daerah mereka masing-masing setelah berkunjung.

Biasanya akan ada banyak sekali para turis yang membeli dan juga membuat wayang kulit atau lukisan lain sesuai dengan keinginan mereka dengan bentuk kustom dan nantinya barang-barang tersebut akan dibawa pulang oleh mereka sebagai kenangan atau cinderamata yang sangat cantik dari Kota Yogyakarta dan menjadi salah satu daya tarik utama agar mereka kembali ke sana.

Sentra Kerajinan Wayang Kulit Hadi Sukirno Leatherwork & Handicraft Bisa Menjadi Tujuan Destinasi Wisata Ketika Pergi ke Yogyakarta

Tidak hanya pergi ke tempat wisata yang terkenal di Yogyakarta, Kita juga bisa mengunjungi tempat kerajinan wayang kulit Hadi Sukirno Leatherwork & Handicraft untuk merasakan destinasi wisata edukatif yang menyenangkan. Jadi, kita bisa merasakan hal authentic dari kota Yogyakarta dan merasakan sensasi yang menyenangkan ketika berlibur di kota satu ini.

Kita bisa membeli wayang kulit dengan ukuran kustom dan benda lain yang sekiranya bisa kita bawa sebagai suvenir dan cinderamata kepada keluarga kita setelah berkunjung ke Yogyakarta dan mengunjungi tempat kerajinan wayang kulit Hadi Sukirno Leatherwork & Handicraft untuk merasakan wisata edukatif yang menyenangkan.

By Published On: 6 Oktober 2022Views: 37

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!

Leave A Comment