Yuk Kenali Sentra Kerajinan Gerabah Bayat Klaten Lebih Dalam!

Sentra kerajinan gerabah Bayat Klaten merupakan salah satu warisan dari leluhur daerah Klaten yang mana berpusat di Desa Melikan, Kecamatan Wedi. Pasti para pecinta gerabah sudah mengetahui bahwa di Desa Melikan ini sudah terkenal dengan sentra kerajinan gerabah ya yang dibuat dengan sangat unik, yaitu menggunakan teknik berupa putaran miring.

Jika pada sentra kerajinan gerabah lain memiliki ciri khas baik dari bentuk, warna, hingga tekstur. Justru sentra kerajinan gerabah dari Klaten yang satu ini ciri khasnya berada pada teknik pembuatannya. Selama proses pembuatannya, semua prosesnya tidak lepas dari peran Sunan Pandanaran yang hingga saat ini dikenal dengan Sunan Tembayat.

Jadi mulai saat itu, semua proses pembuatan Sentra kerajinan gerabah Bayat Klaten sudah menggunakan teknik khas yaitu berupa putaran miring yang menggunakan alat berupa roda putar. Sebenarnya proses menggunakan roda ini sudah sering dijumpai di daerah lain ya. Namun tetap saja, peralaan roda yang mereka gunakan memiliki perbedaan dengan sentra di sini.

Perbedaannya sendiri terletak pada teknik roda putar yang dibuat dengan dimiringkan beberapa derajat ke arah depan sehingga kelihatannya seperti teknik putaran miring yang sangat unik. Kalian pasti akan terpukau dan tertarik untuk mencobanya ketika menyaksikan langsung bagaimana proses pembuatan dari sentra kerajinan gerabah Bayat Klaten ini.

Nah, Berikut Ulasan Menarik Mengenai Sentra Kerajinan Gerabah Bayat Klaten ini!

  1. Teknik Roda Miring yang Ternyata Memiliki Maksud Mulia

Nah, salah satu hal yang menarik dari proses pembuatan sentra kerajinan gerabah Bayat Klaten ini adalah teknik yang menggunakan roda miring yang mana ternyata dimaksudkan untuk menjaga norma kesopanan. Jadi ketika kalian melihat prosesnya secara langsung, kalian pasti akan menjumpai banyak perempuan yang ikut terjun langsung membuat kerajinan ini kan.

Nah, para perempuan di sini pasti semuanya menggunakan teknik roda dengan putaran miring yang mana membuat posisi duduk mereka jadi miring. Dengan posisi duduk miring seperti ini, otomatis mereka bisa menjaga norma dan etika kesopanan yang mana sangat terjaga. Tidak hanya itu, ternyata proses dari teknik putaran ini juga sangat mudah dan cepat dilakukan.

  1. Beragam Jenis Kerajinan Gerabah yang Memiliki Bentuk Sangat Sempurna

Hal menarik selanjutnya dari sentra kerajinan gerabah Bayat Klaten adalah bentuk yang dibuat dengan beragam jenis yang pastinya menarik dan memikat banyak pengunjung untuk tertarik membelinya. Berbagai jenis kerajinan gerabah akan kalian temui dengan bentuk yang sangat sempurna, tentunya bisa memperindah rumah atau halaman rumah kalian lho.

Selain gerabah, nyatanya pengrajin gerabah di daerah Klaten ini juga menciptakan kerajinan dari kramik yang mana mereka memproduksinya sendiri kemudian memasarkannya sendiri jugam ketika kalian berada di daerah Klaten ini, kalian pasti akan banyak menemui penjual gerabah dan keramik cantik di kanan kiri sepanjang jalan yang ada di desa Bayat ini tepatnya.

Hebatnya lagi, sentra kerajinan gerabah Bayat Klaten tidak hanya memasarkan sendiri hasil produksinya. Namun mereka ternyata juga menerima pesanan dari warga lokal hingga warga mancanegara lho. Namun tetap saja, akan lebih memuaskan jika kalian langsung mendatangi desa Bayat Klaten Jawa Tengah ini ya.

Nah, demikian ulasan lengkap mengenai sentra kerajinan gerabah Bayat Klaten di atas, semoga dengan adanya informasi ini kalian jadi bisa mengenal lebih jauh UMKM yang dijalankan desa Bayat ini. Tak lupa ketika kalian berlibur ke Klaten, jangan lupa untuk datang ke pusat kerajinan gerabah ini ya!

By Published On: Rabu, 3 Agustus 2022Views: 3091

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!