Badan Otorita Borobudur berkolaborasi dalam Event akbar rakornas Genpi Indonesia ke-III. Kegiatan ini dibuka langsung oleh menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bapak Sandiaga Uno Salahudin pada 5 November 2022.

Pada hari sebelumnya 4 November 2022 telah berlangsung “Walking Tour Kota Solo” Mengambil titik start di halaman parkir Novotel Surakarta, puluhan peserta Rakornas GenPI yang berasa dari berbagai daerah di seluruh Indonesia diajak memanjakan mata mengelilingi kota Solo dengan konsep yang berbeda, yaitu Tur Jalan Kaki atau Walking Tour”.
Konsep Walking Tour menjadi pilihan oleh panitia penyelenggara karena panitia merasa bahwa keindahan Kota Solo harus dinikmati dengan santai dengan melewati jalan-jalan serta gang-gang kecil yang ada di tengah kota. Karena di gang-gang inilah makna dari kata Solo The Spirit of Java itu dapat dirasakan dan dinikmati.

Seluruh rangkaian acara Rakornas Genpi ini berlangsung hingga 6 November 2022 di Kota Bengawan.

Sebagai pembuka, Sandiaga menyinggung makna yang mendalam dari tema Rakornas GenPI yaitu KERIS – Kreatif Sinergis yang menurutnya adalah sebuah kata yang harus dimaknai sebagai bentuk kreasi dan sinergitas yang sangat diperlukan saat ini, sebagai “Transformasi Digital Pariwisata Indonesia”.

Di hadapan 200 peserta Rakornas dari 18 Provinsi yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan diikuti oleh semua anggota Genpi di seluruh Indonesia yang disiarkan secara live streaming, Sandiaga juga mengharapkan agar GenPI selalu menjadi bagian dari garda terdepan pariwisata Indonesia dalam membantu mengkomunikasikan destinasi pariwisata Indonesia melalui konten-konten kreatif di Media sosial. Terutama untuk beberapa event yang akan berlangsung dalam waktu dekat seperti World Superbike di Mandalika dan Presidensi G20 yang akan berlangsung di Bali.

Selain Menteri Parekraf, acara pembukaan Rakornas ketiga GenPI juga dihadiri oleh Walikota Solo, Direktur Pemasaran Nusantara Kemenparekraf, Kepala Biro Komunikasi Kemenparekraf, Bupati Kabupaten Maros Maros, Direktur Pemasaran Pariwisata Badan Otorita Borobudur, Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kepariwisataan Badan Otorita Borobudur, Direktur Destinasi Badan Otorita Borobudur dan General Manager Geopark Maros-Pangkep dan tamu undangan lainnya.

Setelah dibuka secara resmi oleh Menteri Parekraf, kegiatan Rakornas GenPI dilanjutkan dengan beberapa rangkaian menarik lainnya seperti Leaders Talk yang menghadirkan beragam tokoh dan pelaku pariwisata Indonesia. Bisma Jatmika Direktur Industri dan Kelembagaan Pariwisata dalam sesi Leaders Talk ini menyampaikan dalam Keynote Speech-nya Bapak Bisma menjelaskan bagaimana pentingnya upaya digitalisasi dalam Pariwisata Indonesia khususnya di era yang serba digital seperti saat ini.

“Di zaman yang penuh akan agility, creativity dan curiosity ini, peran GenPI sangatlah penting. Apalagi GenPI ini adalah komunitas yang diisi oleh Gen Z yang sangat aktif dengan dunia digital”, ungkapnya.Seiring dengan semangat G20 Recover Together, Stronger Together.

Selanjutnya, Badan Otorita Borobudur melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Generasi Pesona Indonesia Nasional terkait optimalisasi Pemasaran Pariwisata Indonesia.

Rapat Internal dan Workshop Visual dan Narasi, merupakan sesi berikutnya yang dihadirkan dalam rangkaian kegiatan Rakornas ini di hari kedua yang di ikuti oleh peserta umum dan Genpi dari berbagai daerah.

Dan di malam harinya akan ada Gala Dinner bersama gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Kemudian akan dilanjutkan dengan kegiatan Tour De Borobudur yang akan dilaksanakan pada Minggu, 06 November dengan start dari halaman Stadion Manahan Kota Solo.

Acara yang terakhir yaitu Panggung Keris di CFD Kota Solo (6/11) yang bisa diikuti oleh semua lapisan masyarakat, dalam panggung Keris ini nantinya akan ada performing dari beberapa anggota Genpi.
Genpi Jawa Tengah selaku tuan rumah siap menyambut kedatangan delegasi dari berbagai provinsi di Indonesia yang hadir secara offline di Kota Solo.

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!

Leave A Comment