Kisah-kisah dari Pegunungan Menoreh Utara

 

Penanggung jawab: Badan Otorita Borobudur, Indah Juanita (Direktur Utama), Agustin Peranginangin (Direktur Destinasi Pariwisata), Imam Subikhi (Kepala Divisi Amenitas dan Daya Tarik Wisata)

Penyusun: Welut Art Projects, Aisyah Hilal (Pimpinan Project)

Tim Peneliti: Transpiosa Riomandha (Peneliti, Penulis), Muhammad Abe (Peneliti, Penulis), Dwi Oblo (Fotografer)

Editor: Taufiq Nur Rachman

Tim Artistik: Prihatmoko ‘Moki’ Catur (Ilustrator). Anang Saptoto (Desain dan tata letak), Kurnia Fahmy Ilmawan (Kartografer)

Tim Penulis BOB: H. Widodo, Y. Sigit Widiyanto, Putut Bayu Santiko, Dwi Novitasari

ISBN: Sedang Proses

Kertas: Bookpaper 90gr warna putih

Ukuran : 12 cm x 19 cm / Doff

Jumlah hal: 310 halaman

Kategori: Buku, Ebook

 

Deskripsi :

Buku yang Anda pegang ini adalah hasil dari serangkaian perjalanan, perjumpaan, dan pengalaman mengeksplorasi wilayah Pegunungan Menoreh sisi utara. Secara khusus, buku ini merupakan kumpulan kisah dari lima desa di Provinsi Jawa Tengah. Mereka adalah Desa Kalirejo, Ngadirejo, Ngargoretno (Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang), Desa Ngadiharjo (Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang) dan Desa Jati (Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo). 

Berbagai aspek dari kelima desa di atas dapat pembaca temui dalam buku ini. Seperti kisah Pangeran Diponegoro, petilasan di desa, kesenian, tradisi hingga daya hidup warga setempat. Kisah dan legenda desa masih dipelihara serta disampaikan turun-temurun. Mereka terus berkelindan dengan tradisi yang dihidupi oleh warga hingga hari ini. Di sana terkandung pesan-pesan moral yang sarat dengan kearifan setempat. 

Semoga kumpulan tulisan dalam buku ini mampu menjadi acuan bagi warga desa untuk menulis sendiri sejarah desa mereka. Sesungguhnya mereka lah yang paling memahami tentang ruang hidup mereka. Pun mereka yang paling mengerti hal-hal mendesak yang perlu diarsipkan agar bisa menjadi medium pemelihara ingatan bagi generasi penerus di desa mereka

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!

Leave A Comment