Jakarta-BOB, Direktur Utama Badan Pelaksana Otorita Borobudur (BPOB), Agustin Peranginangin didampingi Direktur Keuangan, Umum dan Komunikasi Publik, Yusuf Hartanto hadir pada kegiatan Forum Keterbukaan Informasi Publik, Rabu 11 September 2024.

Acara ini diikuti oleh 50 perwakilan K/L dan turut dihadiri langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno yang dilaksanakan di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona.

“Ini merupakan bentuk komitmen pimpinan dalam implementasi keterbukaan informasi publik yang setara dan pelayanan publik yang prima di lingkungan Kemenparekraf/Baparekraf”, ucapnya saat memberikan sambutan.

Sehingga penting sejatinya bagi pimpinan badan publik untuk mengetahui apa itu keterbukaan layanan publik, sehingga penyampaian kepada masyarakat pun sesuai dan efektif.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Komisi Informasi Pusat (KIP), Donny Yoesgiantoro turut menyampaikan bahwa keterbukaan informasi publik perlu adanya pemahaman dan komunikasi baik internal maupun eksternal.

Tema yang diangkat tahun ini mengenai Keterbukaan Informasi Publik Pengadaan Barang dan Jasa.

Sesuai dengan Undang-Undang KIP No. 14 tahun 2008 dijelaskan bahwa untuk memberikan pelayanan informasi diperlukan badan publik yang mampu menyusun dan paham guna optimalisasi layanan informasi publik.

Menparekraf menambahkan, sektor parekraf menjadi bagian sensitif, dimana keterbukaan informasi itu sangat diperlukan dan dicari oleh wisatawan.

“Begitu ada berita yang tidak terbuka, makan akan timbul perasaan wisatawan karena kurangnya informasi yang didapat, sehingga merasa kurang rasa aman dan nyaman” tambahnya.

Menuju Indonesia Maju, Indonesia Emas 2045, Kemenparekraf akan terus berkomitmen dalam memberikan keterbukaan informasi publik baik di PPID tingkat 1 Kedeputian maupun PPID tingkat Pelaksana (Poltekpar dan BPOP). Upaya keras dalam memperoleh predikat informatif akan terus dipertahankan dan ditingkatkan.

Setelah melewati tahapan sosialisasi yang diadakan pada bulan maret, visitasi pada bulan april dan monitoring dan evaluasi (monev) pengelolaan informasi publik bersama dengan KIP pada bulan juli, BPOB berhasil meraih kualifikasi Informatif pada PPID tingkat Pelaksana.

Direktur Utama BPOB, Agustin Peranginangin menerima secara langsung penghargaan tersebut. Semoga penghargaan ini bisa terus menjadi motivasi dalam memberikan informasi aktual, akurat, dan terpercaya khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

[/fusion_text][/fusion_builder_column][/fusion_builder_row][/fusion_builder_container]
By Published On: Kamis, 12 September 2024Views: 26

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!