6 tips ketika berkunjung ke nepal van java – Magelang menyimpan banyak sekali destinasi wisata, salah satunya berada di Dusun Butuh, Kaliangkrik, Magelang. Dusun ini kemudian mendapatkan julukan sebagai Nepalnya orang Jawa.

Usut punya usut, julukan ini diberikan karena dusun tersebut memiliki pemandangan yang sangat unik, yakni berupa perumahan penduduk yang seolah terlihat bertumpuk di lereng gunung. Sama halnya dengan pemandangan rumah penduduk yang ada di Negara Nepal sana.

Perbedaannya pun cukup signifikan, yakni jika Dusun Butuh terletak di lereng dafi Gunung Sumbing, sedangkan untuk Nepal sendiri terletak di lereng Gunung Everest. Pemandangan ini pun begitu cepat tersebsar luas di internet, sehingga banyak sekali orang yang penasaran dengan nuansa dari Nepal Van Java ini.

Namun, ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu jika memang ingin berkunjung ke lokasi wisata ini. Hal ini dilakukan karena mengingat lokasi wisata yang berada di lereng pegunungan sehingga diperlukannya berbagai persiapan matang sebelum berangkat.

Foto : @ignrcs

Foto : @aniek1506

Pastikan Kendaraan Kuat Ketika Menanjak

Perlu Anda ketahui, bahwa Dusun Butuh ini terletak di atas ketinggian, tepatnya di Lereng Gunung Sumbing. Oleh karenanya, pengunjung pun akan disuguhi dengan banyaknya tanjakan ketika sedang berkunjung ke sana.

Kondisi jalan seperti inilah yang tentu saja membutuhkan kendaraan yang kuat untuk menanjak. Hal ini tentunya berlaku bagi mobil maupun motor yang akan berkunjung ke Nepal Van Java ini.

Namun, jika memang kendaraan Anda tidak kuat menanjak, maka Anda pun bisa menyewa jasa ojek yang bisa mengantarkan Anda sampai ke Dusun Butuh dengan selamat.

Waspadai Rem Blong

Selain dibutuhkan kendaraan yang kuat menanjak, tentunya kendaraan Anda tersebut juga harus dipastikan bahwa remnya cakram dan tidak blong. Dimana kondisi ini akan Anda temui ketika Anda pulang dari lokasi wisata tersebut.

Jalanan yang menurun curam tersebut tenunya akan cukup panjang dan harus benar-benar diperhatikan bagi para pengendara sepeda motor matic. Terus melakukan pengereman tentu saja bisa membuat rem menjadi lebih mudah blong.

Akan jauh lebih baik jika Anda berhenti sejenak untuk mendinginkan sepeda sembari menikmati pemandangan sekitar. Hal ini dilakukan untuk menghindari rem cepat kaus dan blong.

Gunakan Drone

Tips berikutnya jika Anda sedang berlibur ke Nepal Van Java ini adalah coba gunakan drone untuk merekam dan mengambil gambar dari lokasi wisata tersebut. Tentunya semua pemandangan yang ada disana tidak akan terlewatkan sedikit pun dan akan terlihat jauh lebih menawan.

Melalui kamera drone ini tentunya Anda akan mendapatkan kombinasi dari pemandangan rumah penduduk yang berlatarkan Gunung Sumbing.

Pastikan Cuaca Cerah

Nepal Van Java ini akan terlihat indah dengan latar belakang Gunung Sumbing ketika cuaca sedang cerah. Oleh sebab itu, pastikan bahwa memang cuaca sedang cerah dan bersahabat ketika Anda berkunjung kesana.

Pada umumnya, cuaca cerah ini bisa Anda dapatkan ketika musim kemarau, yakni sekitar bulan Mei hingga September. Sebaliknya, jangan berlibur ke tempat ini ketika bulan November hingga April karena akan lebih kerap mendung dan terjadi kabut tebal, sehingga pemandangan pun tidak akan terlihat.

Datanglah di Pagi Hari

Pagi hari menjadi waktu yang tepat jika memang Anda ingin berkunjung ke Nepal Van Java ini. Kondisi pagi hari tentu akan membuat cuaca lebih cerah, sehingga pemandangan pun bisa terlihat lebih indah dan jelas. Selain itu, cahaya di langit Timur juga akan menguatkan warna yang ada.

Patuhi Protokol Kesehatan

Mengingat kondisi pandemi yang masih bergulir seperti saat ini, sangat disarankan bagi para pengunjung untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Hal ini tentu saja akan menyelamatkan Anda dan orang lain dari paparan virus Covid-19, sehingga semua pengunjung pun bisa saling menjaga satu sama lain.

Tetap gunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir yang sudah disediakan, berjaga jarak antar pengunjung yang datang, dan tidak berkerumun. Meskipun sedang berlibur, namun protokol kesehatan ini wajib Anda patuhi dengan baik demi kesehatan diri sendiri dan orang lain yang ada disekitar Anda

Inilah beberapa tips yang perlu Anda pelajari sebelum berkunjung ke Nepal Van Jawa. Semoga penjelasan diatas bermanfaat untuk Anda.

By Published On: Sabtu, 9 Oktober 2021Views: 8694

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!