Indahnya berwisata ala pantai di ladon little island – Masih dari Magelang, terdapat salah satu wisata hits yang cukup ramai diperbincangkan para milenials, yakni kawasan wisata Ladon. Lokasinya sendiri tidak terlalu jauh dari kawasan Candi Borobudur. Ladon merupakan kawasan destinasi wisata alam yang hadir dengan hamparan pasir layaknya di pantai.

Laden sendiri terletak di Desa Sangen, Magelang, Jawa Tengah. Bagi para wisatawan yang ingin mengunjungi Ladon ini juga bisa dengan mudah mencapainya. Dimana akses jalannya pun cukup mudah.

Foto : @ngrftl_nkmh

Foto : @anitacitt

Rute Menuju Ladon Little Island

Jika Anda merupakan wisatawan yang berasal dari arah kota Magelang, maka Anda bisa menuju ke Ladon Little Island ini melalui Balai Ekonomi Desa atau Balkondes Candirejo. Nah, nantinya dari Balkondes itu akan terlihat sebuah papan petunjuk arah yang akan menuntun Anda hingga sampai di pinggiran dari Sungai Progo.

Destinasi wisata Ladon ini sendiri terletak di pinggiran Sungai Progo. Tempat wisata Ladon ini pada mulanya merupakan pematang dari Sungai Progo yang telah mengering ketika musim kemarau tiba. Namun uniknya, di pinggiran Sungai Progo ini terdapat hamparan pasir putih layaknya sedang berada di pinggiran pantai.

Selain itu, wisatawan juga akan disuguhkan dengan pemandangan air dari Sungai Progo yang tenang. Terlihat juga pemandangan indah dari Pegunungan Menoreh. Pastinya pemandangan tersebut akan sangat indah dan menawan.

Tiket Masuk

Untuk bisa menikmati keindahan di Ladon Little Island ini, maka para pengunjung diwajibkan untuk membeli tiket masuk terlebih dahulu. Tiket masuk per orangnya akan dibebankan sebesar dua ribu rupiah saja.

Bagi yang membawa kendaraan roda dua harus membayar tiket parkir sebesar 2 ribu rupiah, sedangkan bagi yang membawa kendaraan roda empat atau mobil wajib membayar parkir sebesar 5 ribu rupiah.

Wahana Ladon Little Island

Di kawasan wisata Ladon ini juga terdapat banyak sekali jajanan khas dusun setempat dan wisata kuliner yang bisa Anda coba cicipi. Selain itu, di Ladon juga menyediakan persewaan kuda maupun perahu karet.

Kuda bisa Anda sewa untuk menikmati keindahan di sekitaran area Ladon, begitu pula dengan perahu karet yang akan membawa Anda menyusuri Sungai Progo tersebut. Kawasan wisata Ladon ini sendiri dibuka mulai pukul 7 pagi hingga pukul 5 sore hari.

Asal Usul Nama Ladon

Mungkin sebagian dari Anda bertanya-tanya mengapa lokasi wisata ini disebut dengan Ladon Little Island. Kata Ladon sendiri sebenarnya berasal dari kata ladu yang berarti sisa banjir atau pasir. Sementara untuk little island sendiri merupakan pulau kecil. Jadi, jika disimpulkan maka Ladon ini jika dilihat dari drone akan terlihat seperti pulau yang melingkar.

Nah, awal mula terbentuknya kawasan wisata Ladon ini juga didasari dari hasil pertemuan antar pemuda dari dusun setempat. Dari hasil pertemuan tersebut terciptalah sebuah destinasi wisata dengan memanfaatkan lokasi yang ada ketika musim kemarau mulai tiba.

Persiapan pun dilakukan dengan hanya bermodalkan uang jimpitan warga yang kurang dari 5 juta rupiah kala itu. Uang tersebut kemudian digunakan untuk pembuatan kios-kios atau lapak, pembersihan jalan serta pembersihan sampah sisa dari banjir.

Destinasi wisata Ladon Little Island ini baru dibuka pada tanggal 26 Juli 2020 lalu. Bahkan, tercatatat sudah ada 1300 pengunjung yang masuk dan membeli tiket hingga kurun waktu tertentu.

Bagi pengunjung yang ingin menyewa kuda cukup membayarkan sebesar 20 ribu rupiah saja, sementara yang ingin menyewa perahu karet dikenakan biaya sebesar 40 ribu rupiah. Tempat ini sangat dikenal mirip seperti pantai karena hamparan pasirnya yang seolah sedang berada di bibir pantai.

Nah, bagi Anda yang ingin berlibur ke pantai namun takut akan ombak atau perjalanan yang terlalu jauh, bisa datang ke Ladon ini sebagai pilihan alternatifnya. Selain memiliki pemandangan yang indah, air Sungai Progo di Ladon ini juga sangatlah tenang sehingga aman digunakan untuk bermain bagi anak-anak Anda.

Demikianlah penjelasan singkat terkait dengan destinasi wisata Ladon Little Island yang bisa Anda ketahui. Semoga penjelasan diatas bisa menambah wawasan Anda tentang lokasi wisata yang ada di Magelang.

By Published On: Sabtu, 2 Oktober 2021Views: 1193

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!