Keindahan panorama alam ketep pass – Lagi dan lagi destinasi wisata baru terletak di Magelang. Tempat wisata yang satu ini bisa membuat para pengunjungnya melihat pemandangan alam dari ketinggian. Salah satu pemandangan alam yang bisa dinikmati di lokasi wisata ini adalah Gunung Merapi.

Lokasi wisata yang satu ini juga terletak diantara 2 gunung, yakni Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Kedua gunung ini tentunya menawarkan pesona alam yang tiada duanya. Bahkan, dari gardu pandang yang terdapat di tempat ini, para wisatawan bisa melihat empat puncak gunung sekaligus, yakni Gunung Merapi, ada Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, dan terakhir Gunung Sindoro.

Foto : @magelang

Foto : @alzwarwawa

Tiket Masuk Ketep Pass

Lokasi wisata yang ada di Magelang ini bernama Ketep Pass. Nah, untuk bisa menikmati keindahan dari lokasi wisata ini dan bisa masuk ke museumnya, maka pengunjung pun diwajibkan untuk membeli tiket masuk terlebih dahulu.

Nah, untuk tiket masuk yang dibebankan cukup berbeda antara wisatawan lokal dengan mancanegara. Namun meski tiket yang dibebankan memiliki selisih harga, fasilitas yang diberikan tetaplah sama antara pengunjung lokal dengan mancanegara.

Harga tiket yang berlaku untuk pengunjung lokal di hari Selasa sampai Sabtu adalah 10.500 rupiah saja per orangnya, sedangkan untuk hari Minggu dan hari libur dikenakan tiket masuk sebesar 12.500 rupiah saja per orangnya.

Perlu Anda ketahui bahwa objek wisata Ketep Pass ini bisa dikunjungi oleh umum setiap hari dari pagi hari hingga sore hari, mulai pukul 8 pagi hingga 5 sore. Namun, untuk hari Senin objek wisata ini ditutup.

Aktivitas Menarik yang Bisa Dilakukan di Ketep Pass

Penorama dari keindahan puncak pegunungan tentu menjadi hiburan utama bagi para pengunjung yang datang ke kawasan wisata Ketep ini. Selain karena keindahan alam yang ditawarkan dan suasana yang masih sejuk, ada banyak sekali aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan ketika berkunjung ke kawasan wisata yang satu ini.

Puncak 5 Gunung

Ketep Pass berada di lereng Gunung Merbabu dengan ketinggian mencapai 1200 mdpl. Dari tempat ini, jika cuaca sedang cerah, maka puncak Merapi pun akan terlihat dengan jelas. Bahkan, pengunjung pun akan melihat asam sulfat dari kubah lava Merapi.

Selain Gunung Merapi, para pengunjung juga bisa melihat puncak dari 4 gunung lainnya, yakni Gunung Slamet, Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, dan Gunung Merbabu secara jelas dari Ketep.

Vulcano Theater

Di lokasi wisata Ketep ini juga menyediakan teropong pemantau yang bisa digunakan oleh para pengunjung yang ingin belajar vulkanologi untuk bisa melihat Merapi lebih dekat. Misalnya saja untuk melihat bentuk gunung stelah terjadinya erupsi atau mempelajari karakteristik dari Merapi itu sendiri.

Jika memang Anda merasa kekurangan informasi terkait gunung Merapi ini, maka Anda bisa mengunjungi Ketep Vulcano Center yang ada di Ketep Pass tersebut. Bangunan dari Museum Vulcano ini juga dibuat melingkar yang didalamnya terdapat miniatur Gunung Merapi.

Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa masuk ke bioskop mini yang menayangkan video dokumenter tentang sejarah terbentuknya Merapi, hingga penelitian di Puncak Garuda ketika letusan Gunung Merapi terjadi. Film ini pun akan ditayangkan selama kurang lebih 25 menit dan hanya bisa ditonton oleh 78 orang maksimal per sesinya.

Sunrise dan Sunset

Jika Anda memang ingin berkunjung ke Ketep, maka pastikan bahwa cuaca sedang cerah. Hal ini tentu akan membantu Anda jika ingin menikmati indahnya panorama sunrise maupun sunset dari Ketep Pass ini.

Disini, Anda juga bisa berfoto didepan tulisan Ketep atau jika cuaca sedang cerah maka Anda pun bisa berfoto dengan berlatar belakangkan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Sembari menunggu datangnya sunset, pengunjung juga bisa menikmati jagung bakar yang dijual disekitaran area wisata Ketep tersebut.

Fasilitas

Tempat wisata yang satu ini tidak hanya menyediakan beragam fasilitas penunjang hiburan saja, melainkan juga menyediakan media pembelajaran interaktif untuk menambah wawasan bagi para pengunjung yang hadir.

Selain itu, ada juga fasilitas umum seperti halnya toilet, mushola, warung makan, bioskop mini, museum vulkanologi, teropong, dan pelataran pancaarga.

Demikianlah beberapa hal yang perlu Anda pelajari terlebih dahulu sebelum berlibur ke Ketep Pass yang ada di Magelang ini. Semoga penjelasan diatas bermanfaat untuk Anda, ya!

By Published On: Kamis, 30 September 2021Views: 1623

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!