Mulai Rabu 1 September 2021, masyarakat dapat menggunakan Kereta Api Bandara Internasional Yogyakarta dengan tarif Rp0 setelah sebelumnya dilakukan soft launching pada 27 Agustus lalu.

“Pemberlakuan tarif Rp0 berlaku pada periode 1 s.d 16 September 2021 dengan tujuan untuk mengenalkan dan menyosialisasikan kehadiran KA Bandara Internasional Yogyakarta kepada masyarakat,” ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus.

Tiket KA Bandara Internasional Yogyakarta bisa didapatkan di loket stasiun lintas Yogyakarta – Bandara Internasional Yogyakarta mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan KA. Untuk menciptakan physical distancing, KAI hanya menjual tiket sebanyak 50% dari kapasitas.

Syarat untuk naik KA Bandara Internasional Yogyakarta sesuai SE Kemenhub No 58 tahun 2021 adalah diperuntukkan bagi pekerja di Sektor Esensial dan Sektor Kritikal karena termasuk sebagai KA Lokal Perkotaan. Pada saat boarding, pelanggan diharuskan menujukkan STRP atau Surat Keterangan lainnya yang dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah setempat atau Surat Tugas dari pimpinan perusahaan.

Pelanggan tidak diwajibkan untuk menunjukkan kartu vaksin dan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Test Antigen. Namun akan dilakukan pemeriksaan Rapid Test Antigen secara acak kepada para pelanggan di stasiun.

“Pelanggan diharuskan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin selama menggunakan fasilitas KA Bandara Internasional Yogyakarta untuk menjaga keamanan bersama,” kata Joni.

Tabel Jadwal Perjalanan KA Bandara Internasional Yogyakarta

No

No KA

Lintas Pelayanan

Berangkat

Datang

1

7053

Yogyakarta – Bandara Internasional Yogyakarta

05.00

05.39

2

7057

Yogyakarta – Bandara Internasional Yogyakarta

07.20

07.59

3

7060

Bandara Internasional Yogyakarta – Yogyakarta

09.25

10.04

4

7063

Yogyakarta – Bandara Internasional Yogyakarta

10.19

10.58

5

6066

Bandara Internasional Yogyakarta – Yogyakarta

11.57

12.36

6

7071

Yogyakarta – Bandara Internasional Yogyakarta

14.02

14.41

7

7072

Bandara Internasional Yogyakarta – Yogyakarta

14.55

15.34

8

7076

Bandara Internasional Yogyakarta – Yogyakarta

16.49

17.28

Setelah masa sosialisasi, yaitu mulai 17 September, tiket KA Bandara Internasional Yogyakarta juga dapat dipesan melalui KAI Access dengan diberlakukan tarif promo yaitu:

    • Tarif promo diberlakukan sebagai berikut :
    1. keberangkatan tanggal 01-16 september 2021 dengan besaran tarif rp.0,- (nol rupiah);
    2. keberangkatan mulai tanggal 17 september 2021 besaran tarif promo sebagai berikut :
      1. yogyakarta – bandara internasional yogyakarta sebesar rp.20.000,-
      2. yogyakarta – wates sebesar rp.10.000,-
      3. wates – bandara internasional yogyakarta sebesar rp.20.000,-
      4. kuota penjualan 50% dari kapasitas kereta api
    • Adapun ketentuan pembelian tarif promo diatur sebagai berikut :
      1. 1 (satu)orang pengantri maksimal dapat membeli 4 tiket;
      2. pembelian tiket dilayani secara go show mulai 3(tiga) jam sebelum jadwal keberangkatan ka;
      3. pembelian tiket hanya dapat dilayani di loket stasiun lintas yogyakarta – yogyakarta international airport
      4. tiket tidak dapat dibatalkan atau diubah jadwal;
      5. tiket tidak berlaku reduksi atau diskon lainnya;
      6. kuota penjualan 50% dari kapasitas tempat duduk yang tersedia
      7. bagasi tangan yang digratiskan (tanpa bea) maksimal berat 20 kg,-
    • Syarat dan ketentuan pelaku perjalanan kereta api komuter, lokal, jarak dekat, dan aglomerasi sebagai berikut :
    1. hanya berlaku bagi perjalanan untuk perkantoran sektor esensial dan sektor kritikal sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan terkait;
    2. wajib menunjukkan surat tanda registrasi pekerja atau surat keterangan lainnya yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah setempat; atau surat tugas yang di tanda tangani oleh pimpinan perusahaan atau pejabat minimal eselon 2 (untuk pemerintahan) dan berstempel / cap basah atau tanda tangan elektronik.
    3. tidak diwajibkan untuk menunjukkan kartu vaksin dan surat keterangan hasil negatif test rt-pcr atau rapid test antigen dan akan di lakukan test acak ( random check );
    4. anak-anak dibawah umur 12 tahun untuk sementara waktu tidak diperkenankan melakukan perjalanan dalam negeri antar batas wilayah administrasi provinsi/kabupaten/kota
    5. penumpang dalam kondisi sehat tidak menderita flu, pilek, batuk, hilang daya penciuman, diare dan demam;
    6. suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celcius;
    7. penumpang wajib menggunakan masker kain 3 (tiga) lapis atau masker medis menutupi hidung dan mulut;
    8. wajib menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan,yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas dan menghindari makan bersama serta menggunakan hand sanitizer (6m);
    9. tidak diperkenankan untuk berbicara satu arah maupun dua arah melalui telepon atau secara langsung pada saat selama perjalanan;
    10. tidak diperkenankan untuk makan dan minum pada saat selama perjalanan yang kurang dari 2 (dua) jam, terkecuali bagi individu yang wajib mengkonsumsi obat-obatan dalam rangka pengobatan yang jika tidak dilakukan dapat membahayakan keselamatan dan kesehatan orang tersebut.

KA Bandara Internasional Yogyakarta menempuh jarak 40,2 km dari Stasiun Yogyakarta hingga Stasiun Bandara Internasional Yogyakarta. Dengan menggunakan KA Bandara Internasional Yogyakarta, waktu perjalanan dapat dipotong dari 1,5 jam menjadi hanya 39 menit saja.

Kehadiran KA Bandara Internasional Yogyakarta akan mempermudah masyarakat untuk melanjutkan perjalanan ke berbagai tujuan karena Bandara Internasional Yogyakarta saat ini sudah terintegrasi dengan jalur Kereta Api.

“Integrasi antarmoda seperti ini sangat penting untuk memudahkan masyarakat dalam bertransportasi. KAI mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Perhubungan yang telah mewujudkan integrasi Bandara Internasional Yogyakarta dengan jalur Kereta Api,” tutup Joni. (Public Relations KAI)

Sumber : https://kai.id/information/full_news/5017-masa-sosialisasi-masyarakat-bisa-naik-ka-bandara-internasional-yogyakarta-dengan-tarif-rp0

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!

Leave A Comment