Menikmati Sejuta Keindahan di Telaga Buatan, Embung Batara Sriten – Beberapa daerah di Yogyakarta yang terkenal dengan tujuan wisata populer diantaranya daerah Sleman, Bantul, Kulon Pogo, serta daerah Gunungkidul. Tempat-tempat wisata tersebut menyajikan berbagai macam destinasi wisata menarik mulai dari wisata alam, wisata budaya, dan wisata sejarah.

Gunungkidul sebagai salah satu tujuan wisata populer dikenal dengan sebutan daetah seribu wisata. Identik dengan kawasan yang dulunya terkenal tandus, gersang, serta rawan kekeringan, kini memiliki berbagai macaam objek wisata mulai dari objek wisata gua hingga wisata pantai. Setelah puas menikmati pemandangan pantai, dilanjutkan dengan menyusuri sungai di dalam gua. Anda juga bisa menikmat telaga buatan yang berada di atas bukit.

Kerapkali ketika padatnya aktiivitas hidup akan membuat Anda merasa penat dan jenuh. Ketika rasa bosan dan penat itu mulai menghampiri Anda, maka Anda pun akan tidak bersemangat untuk melakukan apapun. Nah, di saat seperti ini Anda membutuhkan hiburan dan refreshing dengan mengunjungi objek-objek wisata menarik.

Salah satu objek yang bisa Anda jadikan tempat untuk menghilangkan penat dan beristirahat dari sibuknya aktivitas ialah objek wisata alam Embung Batara Sriten. Sri Sultan Hamengku Buwono X, selaku Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta kala itu telah meresmikan tempat wisata ini pada bulan September tahun 2014.

Daya Tarik Embung Tertinggi Gunungkidul

Embung atau yang biasa dikenal dengan cekungan penampung merupakan sebuah cekungan yang memiliki fungsi untuk menampung serta mengatur suplai aliran air hujan juga agar dapat meningkatkan kualitas air baik dari danau maupun sungai. Embung juga berfungsi untuk mencegah banjir, pengairan, menjaga kualitas tanah, untuk mengairi lahan pada musim kemarau serta digunakan untuk estetika.

Embung ini terletak di Perbukitan Baturagung Utara, Padukuhan Sriten, di Desa Pilangrejo, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Embung ini bisa dicapai selama 1,5 jam dari kota Jojga.

Embung Batara Sriten merupakan salah satu embung buatan yang tertinggi di Gunungkidul dengan ketinggian sekitar 859 meter di atas permukaan laut, kabarnya juga merupakan embung tertinggi di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Di sekitar embung ini kabarnya juga ada sebuah perkebunan buah seperti buah kelengkeng dan manggis agar menjadi objek wisata yang makin indah dan asri.

Ketika Anda menyusuri kawasan embung, akan dijumpai lapisan yang menyerupai plastic berbahan HDPE yang disebut lapisan geo membrane. Lapisan geo membrane memiliki fungsi untuk wadah menampung air. Sehingga embung ini tidak digunakan untuk perikanan sebab bisa mengakibatkan lapisan geo membrane tersebut menjadi rusak.

Apabila Anda mengedarkan pandangan di sekitar embung, maka Anda akan melihat Puncak Mangir yang terdapat tepat di belakang embung. Setelah puas menikmati suasana di sekitar telaga buatan tersebut, Anda bisa mencoba untuk berjalan menyusuri jalur menuju Puncak Mangir tersebut.

Tiba di puncak tersebut, pemandangan yang memanjakan mata akan terlihat, mulai dari Rawa Jombor hingga ke Waduk Gajah Mungkur akan terlihat dari kejauhan. Gundukan bukit-bukit serta lekukan lembah dan desa-desa kecil akan terlihat samar menambah keindahan panorama dari bukit tersebut.

Di puncak ini juga ada sebuah petilasan yang berupa kuburan atau makam. Berdasarkan pernyataan penduduk lokal, kabarnya makam itu adalah petilasan dari Syekh Wali Jati yang masih merupakan kerabat dari Kasultanan pada masa lalu.

Tidak hanya sebagai destinasi wisata sembari menikmati indahnya matahari yang terbenam di sore hari. Embung itu juga bisa digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas lain, seperti melakukan  olahraga aerosport lainnya seperti gantole, paramotor, dan paralayang.

Bagi para wisatawan atau traveling yang gemar mengabadikan momen, tempat ini bisa menjadi salah satu tujuan wisata Anda. Pasalnya di embung ini Anda bisa melihat indahnya sunset dari biasan sinar matahari yang terbenam di ufuk barat, ditambah dengan pemandangan bukit nan hijau di bawah embung.

Udara dingin bak di atas gunung, telaga yang damai, senja yang indah, serta pemandangan mempesona yang tersaji di bawah menjadi syarat yang pas untuk bisa melakukan camping di Puncak Mangir ataupun embung ini. Pun terdapat pohon besar di sudut Embung Sriten yang bisa Anda gunakan untuk membentangkan hammock Anda disana.

Itulah tadi sejuta keindahan di telaga buatan Embung Batara Sriten, semoga artikel ini bisa menjadi pedoman wisata Anda.

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!

Leave A Comment