Tujuan Wisata  Saat Berlibur Ke Jogja: Air Terjun Kedung Kayang – Tujuan tempat wisata di daerah Jogjakarta ini sangatlah banyak sekali, mulai dari keraton, alun-alun, wisata sejarah, atau bahkan wisata alam. Tidak heran jika banyak orang yang menggunakan Jogja ini sebagai tempat berlibur keluarga. Wisata alam tidak lain ialah berupa air terjun, pantai, dan juga gunung. Banyaknya pilihan tempat wisata ini membuat kota Jogja menjadi sasaran wisata selain Bali.

Wisata alam air terjun ini menjadi salah satu pilihan destinasi wisata yang banyak dimintai oleh wisatwan. Sekeliling wisata ini memiliki pemandangan pepohonan yang rindang sehingga menghasilkan udara yang sejuk. Air yang mengalir di sini sangat segar dan dijatuhkan dari ketinggian, percikan air yang tersapu angin menambah dingin suasana, membuat udara terasa basah, tidak heran jika dikawasan tersebut suasananya dingin.

Berikut ini beberapa informasi menarik mengenai wisata alam Air Terjun Kedung Kayang, sayang sekali untuk dilewatkan ketika Anda sedang berada di Jogja.

Foto : @davvidsan

Foto : @dwiriyantoo

Lokasi Air Terjun Magelang

Air terjun kedung kayang ini berlokasi di kabupaten Magelang, tempatnya masih  dekat dengan Jogja. Tempat ini cocok sekali digunakan untuk wisata keluarga, ataupun hangout bersama teman untuk dekat dengan alam.  Udara yang segar dapat membuat kondisi tubuh kembali segar. Dengan ketinggian 40 meter dengan volume air yang cukup deras membuat air terjun ini tampak menawan.

Jika dijangkau dari Ketep Pass Anda bisa menuju air terjun yang memiliki jarak sekitar 3 Km. Nah, untuk dapat mencapai air terjun tersebut para pengunjung haruslah melalui jalur tracking yang cukup panjang dengan menuruni tangga satu persatu.

Kawasan wisata i Air Terjun Kedung Kayang ni memiliki akses yang cukup mudah, kendaraan bisa diparkirkan di dekat rumah warga yang memang menjadi kawasan parkir. Perjalanan dari ladang penduduk menghabiskan waktu sekitar 20 menit dengan menyusuri sungai akan terbayarkan dengan keindahaan air terjun kedung kayang ini.

Spot Foto yang Bagus

Buat Anda para pencari spot foto untuk pengabadian momen yang berbau alam, tempat yang satu ini sangatlah cocok sekali. Terdapat spot foto menarik yang bisa Anda gunakan untuk menghasilkan foto yang estetik, dengan berfoto di ketinggian pohon pinus. Anda bisa menikmati pemandangan gunung Merapi yang megah dari balik wisata  Air terjun.

Air terjun ini sesuai dengan namanya yakni Kedung Kayang yang memiliki arti air terjun langit, pemandangan yang disuguhkan seolah-olah pengunjung sedang berada di atas awan di hamparan awan, sehingga seringkali membuat takjub para wisatawan  Air Terjun Kedung Kayang.

Kondisi yang Bisa Anda Lihat di Kedung Kayang

Air terjun di sini cukuplah deras, namun masih aman jika para pengunjung ingin mandi di dekat air terjun. Aliran air ini dipenuhi dengan bebatuan, dengan suasanan perbukitan yang menjadikan udara semakin rileks dan segar. Udara dan air yang dingin ini menambah kesejukan udara yang berembus disekeliling air terjun.

Pada Air Terjun Kedung Kayang ini pun juga terdapat bebatuan yang estetik, tempat ini pun seringkali digunakan untuk ekgiatan outbond. Di bagian belakang air terjun ini terdapat goa yang memiliki lebar hingga 2 m dan tinggi sekitar 2,5 m. Apabila pengunjung ingin menyusuri goa, mereka harus naik sekitar 1,5 meter terlebih dahulu di belakang air terjun. Menurut mitosnya gua ini di gunakan untuk para petapa yang berkepentingan untuk memohon petunjuk.

Di sini pun terdapat spot yang menjulang hingga 50 meter dari air terjun. Pada spot tersebut pengunjung bisa disajikan kepada panorama yang menawan kedung kayang. Para pengunjung ataupun fotografer sangat suka berswa foto di spot ini dengan kenampakan gunung Merapi.

Itulah beberapa hal mengenai Air Terjun Kedung Kayang, untuk mencapai wisata alam ini Anda harus berjalan melewati ladang penduduk hingga terdengar aliran air terjatuh. Tempat ini menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk disinggahi dengan berbagai suasana sejuk dan hijau. Terdapat pula spot foto yang menarik guna mengabadikan momen bersama.

By Published On: Kamis, 9 September 2021Views: 840

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!