Semarang Gallery: dari Hunting Foto Aesthetic hingga Belajar Budaya dan Sejarah Sim Sala Bim! Seolah menjadi mantera yang tepat bagi Kota Lama Semarang yang terus saja melakukan pembenahan diri. Tempat yang dulu hanya difungsikan sebagai gudang, kini telah menjadi salah satu wisata yang cukup menjanjikan bagi Anda pemburu foto-foto yang aesthetic di Kota Semarang.

Bernama lengkap Semarang Contemporary Art Gallery, ternyata merupakan kantor dari Dekranasda Kota Semarang, sekaligus Galeri UKM. Lokasinya memang belum banyak diketahui oleh warga sekitar Semarang, apalagi yang tinggal di luar kota ini. Padahal tempatnya sangat memuaskan hasrat Anda untuk mendapatkan foto yang aesthetic, sekaligus memperdalam pengetahuan mengenai kebudayaan dan juga sejarah Kota Semarang.

Waktu Kunjungan Gallery Kota Lama Semarang

Anda tidak dianjurkan untuk datang di hari Senin, karena gallery di Kota Lama Semarang ini baru buka pada hari Selasa. Diresmikan sejak tahun 2017 lalu, gallery yang memiliki koleksi lukisan-lukisan yang aesthetic ini buka hingga hari Minggu. Berkunjung ke dalamnya pun memiliki jam yang telah ditentukan, yaitu  sejak pukul 10 pagi sampai setengah 5 sore. Berkeliling menikmati lukisan dan karya anak bangsa di Semarang pasti menyenangkan.

Lokasi Gallery Kota Lama Semarang Bagai Mutiara Tersembunyi

Padahal berdiri dan resmi sudah sejak lama, tapi ternyata belum banyak diketahui oleh warga Semarang sendiri. Letaknya memang cukup tersembunyi di Kota Lama Semarang, tepatnya di sekitaran Gereja Blenduk dan Taman Srigunting. Nyaris tidak diketahui bahwa Semarang Gallery berada di tempat tersebut sebagai salah satu tempat rekreasi yang sangat mendukung karya seni kontemporer. Di sinilah Anda akan mendapatkan keseruan hunting foto aesthetic.

Tiket Masuk ke Gallery Kota Lama Semarang

Kocek yang murah sebagai biaya perawatan menjadi harga tiket untuk masuk ke gallery di Kota Lama Semarang ini. Anda cukup memberikan 10 ribu rupiah per orang untuk dapat menikmati setiap sudut yang tidak luput dari Maha Karya yang memesona hasil tangan anak bangsa. Jika membawa kendaraan, maka cukup parkirkan di tempat yang tersedia, tentunya dengan biaya parkir 3 ribu rupiah untuk motor, dan 5 ribu rupiah untuk mobil.

Bangunan Gallery di Kota Lama Semarang Penuh Sejarah

Mungkin saat mengunjungi Semarang Gallery, Anda tidak akan menemukan sisi bangunan yang tua. Sebab, bangunan yang memiliki sejarah panjang ini ternyata lebih kental gaya modern minimalis. Jika menilik sejarah panjangnya, ternyata bangunan ini berawal dari sebuah tempat tinggal Pastur L. Prisen pada tahun 1822, dan dijadikan tempat ibadah umat Katolik sebelum ada Gereja Gedangan.

Pada tahun 1918 bangunan diruntuhkan dan diubah dengan gaya arsitektur khas Spanish Colonial yang tidak memiliki halaman. Para serdadu Belanda kerap menggunakan bagian depannya sebagai tempat berparade, yang disebut dengan Padeplein. Dibangun oleh Daendels pada tahun 1811 dan tempatnya berada di Jalan Anyer Panarukan. Tahun 1937 gedung dialih fungsikan menjadi perusahaan asuransi pertama di Indonesia.

Pada jejak terakhir yang turut mengisi gedung tersebut ialah pabrik sirup Fresh di tahun 1998. Memasuki era 2000-an, tepatnya di akhir tahun 2007, konservasi pun dilakukan oleh Chris Darmawan. Tahun 2008 pun akhirnya dialihfungsikan menjadi gallery yang mengapresiasi karya seni lukis. Hingga peresmiannya pada tahun 2017 sebagai Semarang Gallery yang mengapresiasi berbagai karya seni dan hasil dari UKM.

Tersedia Ragam Produk UKM Semarang

Sebagai pengunjung dari Gallery yang penuh dengan daya tarik seninya ini, Anda ternyata tidak hanya dapat melihat-lihat saja, tapi juga bisa membelinya. Sebab, Galeri UKM Semarang ini menyuguhkan produk-produk yang premium, seperti aksesoris yang pastinya menggoda pecinta fashion, cendera mata yang cocok dibawa sebagai kenang-kenangan saat mengunjungi wisata Kota Lama Semarang, dan produk lainnya yang pasti bermutu.

Bahkan yang ikonik dari setiap wisata di kota-kota Indonesia ialah kaos khas kota tersebut, yaitu kaos yang identik dengan Kota Semarang. Anda bisa membeli kaos khas Semarang untuk langsung dipakai saat mengunjungi atau juga dapat dijadikan sebagai oleh-oleh keluarga. Selain itu, terdapat ragam kain batik yang memesona khas corak Semarang yang sangatlah menggoda dengan harga yang beragam di Semarang Gallery.

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!

Leave A Comment