Yogyakarta – BOB, (28/7/21) Badan Otorita Borobudur memberikan Fasilitasi pelaksanaan Vaksin Covid-19 bagi pelaku Wisata dan Ekonomi Kreatif. Sesuai anjuran Presiden Joko Widodo dan seiring dengan arahan tersebut, Badan Otorita Borobudur yang berada dibawah satuan kerja Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melaksanakan penyediaan fasilitasi Vaksin Covid-19 di Kabupaten Bantul dan Gunung Kidul sebanyak 500 dosis setiap lokasinya. Sebelumnya telah terlaksana tahap awal Vaksin yang diperuntukkan bagi pegawai BOB.

Vaksinasi dipusatkan di obyek wisata Hutan Pinus Mangunan untuk kabupaten Bantul dan di Obyek wisata Ngingrong untuk Kabupaten Gunung Kidul. Jumlah keseluruhan vaksinani yang tersedia untuk hari ini sebanyak 1000 orang.

Upaya mempercepat akselerasi vaksin di Daerah Istimewa Yogyakarta, Badan Otorita Borobudur bekerjasama sama dengan stakeholder terkait yaitu Dinas Pariwisata DIY, Dinas Kesehatan DIY, Bank Indonesia KPW Yogyakarta, GIPI DIY, Rumah Zakat Indonesia serta Dinas Pariwisata Kab/Kota se-DIY menyelenggarakan Vaksin Wisata Bagi Pelaku Wisata dan Ekonomi Kreatif di DIY.

Vaksinasi bertempat di destinasi wisata yang diikuti oleh pelaku industri wisata, pelaku ekonomi kreatif serta warga masyarakat sekitar destinasi wisata. Beberapa destinasi wisata yang telah melaksanakan vaksinasi di DIY antara lain : Jogja Bay Waterpark, Tebing Breksi, South Shore, Obelix Hills dan beberapa tempat lain. Pagi ini, kami melaksanakan vaksinasi serentak di 2 destinasi wisata, yaitu Pinus sari Mangunan, Bantul dan Geosite Ngingrong Gunungkidul dengan target peserta vaksinasi masing masing 500 peserta.

Percepatan vaksin mutlak dilaksanakan agar kekebalan komunitas bisa meningkat, sehingga pelaku wisata dan ekraf lebih percaya diri dan akan siap menerima kunjungan wisatawan serta memberikan rasa aman bagi pelaku dan wisatawan. Pelaksanaan vaksinasi bagi pelaku wisata dan ekraf DIY ini merupakan bagian dari upaya Badan Otorita Borobudur dalam menyiapkan ketahanan SDM bidang pariwisata dan ekraf di DIY. Sekaligus sebagai upaya untuk menunjukkan bahwa Provinsi DIY serius dalam upaya menuju herd immunity sehingga ekonomi DIY dapat mulai bangkit, dimulai dari sektor pariwisata.

Kegiatan inovasi pelaksanaan vaksinasi di destinasi pariwisata memiliki fungsi ganda, yaitu promosi destinasi dan promosi kesehatan. Semoga semua upaya yang telah dilakukan bersama, akan membawa hasil terbaik. Tetap semangat dan jangan lupa untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan (5M).

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!

2 Comments

  1. Agus 3 Agustus 2021 at 06:07 - Reply

    Semangat terus

    • admin 3 Agustus 2021 at 07:45 - Reply

      Siap bapak, jaga prokes selalu nggeh

Leave A Comment