Guna mempercepat pengembangan pariwisata, Badan Otorita Borobudur menyiapkan lahan seluas 309 hektar di Purworejo.

Dengan keberadaan New Yogyakarta International Airport (NYIA), DIY diharapkan menjadi pintu masuk utama.

Direktur Utama Badan Otorita Borobudur, Indah Juanita mengatakan, meski berada di Purworejo, lahan yang akan dijadikan kawasan pendukung pengembangan pariwisata itu, jaraknya tidak terlampau jauh dari Candi Borobudur, dimana waktu tempuhnya hanya sekitar satu jam.

“Rencananya, di sana nanti akan dibangun hotel, villa, kemudian ruang meeting. Seperti halnya kawasan Nusa Dua, Bali,” katanya, saat dijumpai di Kepatihan, Komplek Kantor Gubernur DIY, Yogyakarta, Selasa (10/4/2018).

Indah menuturkan, lokasi lahan tersebut, tepatnya berada di Desa Banyuasin, Kelurahan Kembaran, Kecamatan Loanu, Kabupaten Purworejo.

Untuk saat ini, tambahnya, Badan Otorita Borobudur masih berupaya merampungkan proses pembebasan lahan di wilayah setempat.

Pihaknya pun mematok target, penataan kawasan tersebut bisa segera diselesaikan seiring dengan mulai beroperasinya NYIA di Kulonprogo, pada 2019 mendatang.

Sehingga, nantinya benar-benar siap menarik para investor.

“Dalam tiga, atau empat tahun ke depan, daerah ini diprioritaskan menjadi bagian dari Kawasan Ekonomi Khusus (KEK),” tuturnya.

Oleh sebab itu, Indah berharap supaya pembangunan infrastruktur dan transportasi penunjang bisa berjalan lancar, sesuai dengan rencana.

Bukan tanpa sebab, NYIA dinilainya sebagai pintu utama bagi wisatawan, untuk datang ke kawasan Borobudur dan sekitarnya.(tribunjogja.com)

By Published On: Senin, 30 April 2018Views: 626

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!