Wisata Edukasi dengan Mengusung Legenda Tanah Jawa di Saloka Theme Park – Belajar sesuatu bisa jadi sangat menyenangkan selama media penyampaiannya tepat. Itulah yang berusaha disuguhkan oleh berbagai tempat wisata yang mengusung tema edukasi. Demi mencerdaskan anak bangsa namun tetap bisa memberi kebahagiaan dan kesenangan, saat ini sudah banyak sekali sarana edukasi berupa taman hiburan yang bisa Anda temukan di hampir semua kota besar di Indonesia.

Foto : @saungamba

Foto : @dennysuzukimobil

Apalagi jika Anda berkunjung ke Semarang, ibukota Jawa Tengah ini memang menjadi salah satu pusat wisata, mulai dari wisata bersejarah, wisata religi, wisata alam dan tidak lupa wisata edukasi. Apabila Anda hendak membawa anak-anak Anda untuk berlibur sekaligus mendapatkan pelajaran berharga, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke taman hiburan di Tuntang, Semarang, bernama Saloka.

Saloka atau lebih dikenal dengan nama Saloka Theme Park merupakan sebuah taman rekreasi tematis yang memiliki konsep kearifan lokal. Hal ini setidaknya ditunjukkan oleh berbagai wahana yang mengusung legenda Jawa, terutama legenda di Jawa Tengah yang digunakan pada 25 wahana berbeda yang tersebar di 5 zona. Keunikan inilah yang membuat taman hiburan ini lebih menarik dan berbeda.

Anda bisa bermain di zona Pesisir, zona Balalantar, zona Kamayayi, zona Ararya dan zona Segara Prada yang berdiri di lahan seluas 12 hektar. Di zona pertama, zona Pesisir, Anda akan menemukan suasana layaknya di pantai. Wahana yang tidak boleh dilewatkan ketika memasuki zona Pesisir adalah Taman Galileo, Lumbung Ilmu Galileo dan juga replika kapal Jenju.

Kebalikan dari zona Pesisir, ketika memasuki zona Balalantar di Saloka Theme Park yang terinspirasi dari hutan belantara, pengunjung akan disambut oleh pohon kebijaksanaan bernama Resi Waringin. Sedangkan wahana yang bisa dinikmati di zona ini adalah Angon Ingon, Kumbang Layang, Jamur Apung, Adu Tangkas dan tidak lupa wahana pemacu adrenalin Adu Nyali alias haunted house.

Zona yang tidak boleh dilewatkan ketika sedang membawa anak-anak dalam rombongan adalah zona Kamayayi. Zona ini bisa dikatakan memang dikhususkan untuk anak-anak karena beragai wahana yang disediakan cocok dan bersahabat bagi anak kecil. Anak-anak bisa mencoba wahana Polah Bocah, Kupu-Kupu, Pinguin, Semprat-Semprot, Komidi Kuda Laut, Tata Titi, Teka Teko dan lainnya.

Tapi, apa ada wahana menantang lain di Saloka Theme Park selain rumah hantu Adu Nyali? Tentu saja ada dan semuanya disuguhkan di zona khusus wahana menantang, zona Ararya. Di zona ini pengunjung bisa menemukan berbagai wahana yang mampu memacu adrenalin dan di saat bersamaan membuat ketagihan. Beberapa wahana di zona tersebut adalah Lika Liku, Senggal Senggol, Paku Bumi, Obat Abit dan lainnya.

Untuk zona terakhir, zona Segara Prada, merupakan sebuah zona yang bukan hanya berisi wahana saja. Pengunjung bisa juga menemukan tempat kuliner untuk mengisi perut yang sudah mulai keroncongan setelah puas bermain, seperti di Kedai Daimami. Di zona ini, pengelola Saloka menerapkan tema industri pertambangan. Adapun salah satu wahana yang tidak boleh dilewatkan di sini adalah Gonjang Ganjing.

Dilihat sekilas, Saloka Theme Park mirip seperti Dufan di Jakarta yang menawarkan berbagai wahana menarik. Bagi warga di sekitar Jawa Tengah yang belum bisa ke ibukota, mengunjungi tempat hiburan ini bisa menjadi pengobat rindu namun kualitas wahana yang ditawarkan pun patut diacungi jempol dan bisa dikatakan tidak kalah dari berbagai taman hiburan yang sudah ada di Indonesia karena memiliki nilai lebih.

Di antara semua wahana ayang terdapat di kelima zona tersebut, ada satu wahana yang tidak boleh dilewatkan untuk dinaiki. Wahana tersebut adalah Cakrawala, sebuah bianglala setinggi 33 meter dengan 22 gondola dan berotasi selama 15 menit, yang menaarkan pemandangan indah taman hiburan Saloka. Saat paling tepat menaiki wahana ini adalah di sore hari, kala matahari hendak tenggelam.

Adapun untuk harga tiket ke Saloka Theme Park, setiap pengunjung diharuskan membayar tiket sebesar 120 ribu rupiah pada hari biasa. Sedangkan untuk weekend dan biasanya hari-hari libur nasional, harga tiket per orang adalah sebesar 150 ribu rupiah. Ini merupakan harga yang cukup terjangkau untuk menikmati semua wahana yang ditawarkan oleh pengelola kepada para pengunjung.

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!

Leave A Comment