Museum Kereta Ambarawa, Tempat Wisata Sejarah yang Menyenangkan dan Beredukasi – Libur lebaran ini, berwisata terasa menjadi sebuah kegiatan paling tepat yang dapat Anda lakukan bersama keluarga maupun bersama sahabat-sahabat Anda. Baik itu melakukan wisata alam, kuliner, bahkan wisata sejarah juga menjadi opsi yang paling pas untuk dilakukan. Menghabiskan uang dan waktu memang paling pas jika sambil mendapatkan ilmu yang bermanfaat, maka berwisata sejarah adalah pilihan paling tepat.

Foto : @epatyci

Foto : @ajeng_wsw

Untuk Anda yang berada di daerah Jawa Tengah maka ada sebuah museum yang sangat menarik untuk Anda kunjungi. Museum ini selain menjadi tempat belajar, juga dapat menjadi objek wisata yang menawarkan ilmu serta spot-spot foto yang sangat menarik, tidak hanya tersedia museum di dalam ruangan tetapi juga tersedia lokasi outdoor yang akan mengenalkan Anda berbagai macam hal tentang kereta api.

Sebab museum ini adalah museum kereta ambarawa, sebuah tempat wisata sejarah yang paling menarik yang ada di Semarang. Mungkin untuk Anda yang pernah berkunjung ke semarang dan menaiki kereta api pada zaman dahulu atau belasan tahun silam maka pastinya Anda mengenal stasiun kereta api ambarawa. Stasiun inilah yang berubah menjadi sebuah museum dikarenakan banyaknya jalur kereta yang sudah termakan usia dan menjadi rusak.

Museum ini dikelola dengan sebaik mungkin dan ditata dengan sedemikian rupa agar mampu menarik para pengunjung untuk tetap datang dan tidak merasa bosan ketika mengunjungi museum sejarah ini. Bila Anda penasaran, maka berikut ini informasi terkait alamat, serta keunggulan, serta fasilitas yang bisa Anda dapatkan ketika Anda mengunjungi museum kereta api terkenal di Jawa Tengah.

Alamat Museum

Alamat dari museum kereta ambarawa ini tidaklah terlalu jauh dari pusat kota Semarang, Jawa Tengah, sebab tempat ini berada pas di jalan Stasiun, Panjang Kidul No.1, Ambarawa, Semarang. Anda tidak akan kesulitan untuk menemukan tempat ini, sebab Anda bisa menemukannya dengan mudah pada google maps yang akan membantu Anda menemukan akses tercepat dan tertepat sehingga Anda tidak perlu takut tersesat untuk menuju tempat ini.

Karena museum ini adalah bekas stasiun kereta api terbesar di Semarang serta Ambarawa merupakan sebuah daerah yang sempat menjadi ibu kota dari Semarang. Sehingga tidak akan sulit untuk Anda menemukan museum ini, bahkan apabila Anda hanya mengandalkan kemampuan Anda bertanya ke warga sekitar maka Anda pasti akan diarahkan langsung melewati rute terbaik.

Terdapat Kereta Api Asli Serta Replika

Ketika Anda mengunjungi museum ini maka Anda akan menemukan kereta api asli yang dulunya aktif beroperasi namun sekarang sudah menjadi koleksi dari museum. Selain terdapat kereta api asli juga terdapat replika dari kereta-kereta tersebut sehingga akan terlihat lebih asli dan replika-replika ini terlihat sangat nyata dan begitu mirip, sehingga Anda bisa menjadikannya sebagai teman Anda untuk berfoto dan mengabadikan momen.

Terdapat Barang Unik serta Bernilai Antik

Bila bicara mengenai museum maka pastinya Anda akan langsung mengingat mengenai barang-barang antik, di museum kereta ambarawa ini sendiri terdapat begitu banyak barang-barang antik yang berperan dan berpengaruh terdahap sejarah dan memori tertinggal dari perkereta apian di Indonesia. Di museum ini terdapat alat pemutar gerbong kereta yang sudah memiliki usia lanjut.

Selain ituu juga terdapat beberapa halte tempat menunggu kereta api yang berusia sudah sangat begitu tua, namun masih tetap dirawat hingga sekarang ini guna untuk melestarikan yang namanya peninggalan sejarah. Selain itu juga terdapat lokomotif-lokomotif yang sudah sangat tua seperti lokomotif B2502, B5112, serta B2503 serta juga masih terawat lokomotif terbesar seperti lokomotif seri CC.

Terdapat Tour Ambarawa-Bendono

Ketika Anda mengunjungi museum ini, ternyata Anda masih memiliki kesempatan untuk melakukan tour menggunakan kereta api-kereta api uap yang masih dapat difungsikan dengan mengikuti program atau paket tour ambarawa-bendono dengan memilih paket perjalanan Railway Mountain yang akan menyuguhkan pemandangan yang sangat menakjubkan serta indah dipandang mata.

Demikianlah info menarik seputar tempat wisata sejarah yang ada di Semarang yakni museum kereta ambarawa yang menjadi wisata sejarah paling menyenangkan dan juga menakjubkan.

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!

Leave A Comment