Mengenal Lebih Jauh Objek Wisata Religi Klenteng Sam Poo Kong, Semarang – Semarang mungkin menjadi daerah Jawa dengan tingkat penganut agama hindu budha yang lumayan tinggi, dapat dilihat dengan kehadiran banyaknya klenteng-klenteng yang ada di daerah Semarang, Jawa Tengah. Bahkan telah banyak klenteng yang akhirnya tidak hanya dijadikan sebagai tempat ibadah tetapi juga sebagai tempat wisata.

Foto : @viollaandrea

Foto : @perjalananluthfi

Akhir-akhir ini memang wisata religi menjadi pilihan banyak orang ketika hendak melakukan liburan, hal ini dikarenakan selain menghibur diri juga membuat Anda bisa mengetahui banyak hal dan mendapatkan ilmu yang lebih bermanfaat dibandingkan hanya sekedar liburan biasa saja. Bila biasanya Anda hanya bisa melakukan wisata religi mengunjungi masjid-masjid bersejarah maka lain halnya ketika Anda berada di Semarang.

Di Semarang ketika Anda hendak melakukan wisata religi maka Anda bisa mendatangi salah satu klenteng yang populer di Semarang. Klenteng yang memiliki peminat paling banyak adalah klenteng sam poo kong, klenteng ini adalah tempat wisata yang sangat populer bahkan bukan hanya warga lokal saja yang datang mengunjungi objek wisata ini, banyak turis-turis dari luar daerah bahkan luar negeri yang datang berkunjung ke klenteng ini.

Sebuah klenteng yang sangat tua yang ada di Semarang, klenteng ini berhasil menarik perhatian banyak turis atau pengunjung karena sejarah yang ada di klenteng ini, banyak info menarik yang tidak bisa untuk Anda lewatkan serta penting untuk Anda ketahui dari klenteng terpopuler di Semarang ini. Simak informasinya dengan fokus agar Anda mendapatkan pengetahuan dan ilmu yang baru mengenai sebuah sejarah penting.

Bangunan Berciri Khas Cina

Ketika Anda baru pertama kali menginjakkan kaki di klenteng ini maka Anda akan merasakan sensasi seperti sedang berada di Negeri Cina. Suasana yang ditampilkan benar-benar menyerupai seperti ketika Anda sedang berada di Cina, hal ini dikarenakan bangunanannya yang dibuat dengan seidentik mungkin dengan bangunan-bangunan klenteng yang ada di Cina.

Walaupun sebenarnya bangunan ini telah mendapat beberapa renovasi seperti dari segi bangunan yang sudah terbuat dari tembok yang dulunya hanya terbuat dari kayu tetapi tidak menghilangkah ke khasan dari klenteng sam poo kong  ini. Dari segi atap bangunan klenteng tersusun menjadi 3 ujung yang berbentuk runcing yang menjadi ciri khas dari atap klenteng ini.

Warna dari klenteng ini benar-benar penuh berwarna merah, ditambah lagi dengan ornamen-ornamen yang dipasangkan pada dinding bangunan klenteng membuat suasana khas Cina benar-benar terasa. Terdapat juga lampion-lampion yang digantungkan pada bagian langit-langit atap klenteng ini, serta juga tidak ketinggalan patung-patung dari dewa yang menghiasi setiap sudut dari klenteng ini.

Selain itu pada bagian sisi dalam bangunan ini terdapat sebuah kaligrafi Cina yang dipahat pada tiang penyangga pada bangunan ini, untuk bentuk pilar dari bangunan ini sendiri berbentuk lingkaran yang dijadikan sebagai penopang inti dari bangunan klenteng yang juga terdapat ukiran kaligrafi Cina yang sangat otentik dan memiliki nilai keindahan yang sangat tinggi.

Fakta Penting serta Menarik dari  5 Bangunan Klenteng

Pada klenteng sam poo kong terdapat 5 bangunan klenteng yang mana setiap bangunan memiliki fungsi dan juga peruntukan yang berbeda-beda.

-Klenteng pertama merupakan klenteng Thao Tee Kong atau biasa disebut klenteng Dewa Bumi, biasanya di klenteng pertama ini diadakan sembahyang sebagai ucapan syukur serta untuk memohon keselamatan.

-Klenteng kedua adalah klenteng Kyai Juru Mudi dari Cheng Ho, pada klenteng ini terdapat makam dari nahkoda kapal dari Cheng Ho yang mana Juru Mudi ini beragama islam, sehingga tidak sedikit pengunjung yang datang untuk nyekar.

-Klenteng ketiga adalah Sam Pi Tay Jin, klenteng ini digunakan untuk kegiatan pemujaan serta menjadi pusat persembahyangan setiap hari maupun pada hari-hari besar seperti ketika cap gomeh ataupun ketika imlek.

-Klenteng keempat adalah klenteng dari jangkar kapal yang ditambatkan oleh Cheng Ho ke daratan sebagai bentuk penghargaan karena membuat Cheng Ho dan rombongan berhasil mendarat.

-Klenteng kelima adalah klenteng yang menjadi tempat peristirahatan terakhir dari Kyai tumpeng serta juru masak dari Cheng Ho.

Demikianlah informasi menarik serta penting untuk Anda ketahui dari klenteng sam poo kong yang ada di Semarang, ketika Anda berada di Semarang maka jangan lupa untuk melakukan kunjungan wisata religi ke tempat tersebut.

By Published On: Sabtu, 31 Juli 2021Views: 1646

Share This Story, Choose Your Platform!

Ayo, Berwisata #DiIndonesiaAja

Selama berbulan-bulan berada di rumah, Sobat Pesona tentu sudah rindu traveling, bukan? Nah, bagi Sobat Pesona yang hendak merencanakan liburan setelah pandemi, tak usah jauh-jauh ke luar negeri untuk merasakan pengalaman berwisata yang menyenangkan. Sebab, berwisata #DiIndonesiaAja juga bisa memberikan pengalaman liburan yang tak kalah mengesankannya dengan berwisata ke luar negeri, lho!